9 Cara Memulai Bisnis dari Nol Hingga Sukses untuk Pemula

Lingkarcara.Com - Untuk memulai bisnis ada beberapa hal yang harus anda perhatikan, diantaranya niat yang sungguh-sungguh dan yang paling penting adalah adanya kemaun untuk memulai usaha. Mimpi bisa jadi kenyataan kalau anda merasa bahwa mimpi tersebut harus diwujudkan. Orang yag sukses memiliki ide berasal dari mimpi yang diwujudkan dengan kesungguhan dan cita-cita mulia. Seorang ahli ekonomi (Ka Ros) mengatakan "Mulailah berbisnis sejak dini agar kamu bisa menuai hasilnya nanti seletah usiamu senja". Hari ini kita giat usaha dan nanti kalau sudah tua kita hanya diam untuk beristirahat menerima pundi-pundi rupiah setiap hari.

Imajinasi membawa kesuksesan asalkan anda bergerak langusng untuk memulai ide bisnis tersebut, 10% ide 90% action atau praktik.


Imajinasi yang biasanya muncul :
  • Pingin Jadi Dokter
  • Pingin Jadi Pengusaha Beras
  • Pingin Jadi Pengusaha Air Bersih
  • Pingin Jadi Blogger
  • Pingin Jadi Youtuber
  • dll
Imajinasi di atas adalah imajinasi tentang bisnis itu sangat bagus dan sekarng tinggal melaksanakannya.

Sebelum masuk pada inti pembahasan kita, anda harus tahu dulu pengertian bisnis yang cocok supaya anda tetap mendapatkan hasil yang memuaskan. 



Mulailah Bisnis dengan Cara Berikut :

1. Niat

Niat adalah adanya keinginan untuk melakukan sesuatu dan langusng melakukannya.  Niat bisnis yang baik akan menghasilkan yang baik. Niat bisnis yang buruk akan menghasilkan yang buruk. Jadi segala sesuatu tergantung niatnya. 

Saya berharap kepada anda untuk melakukan niat yang baik dalam berbisnis agar anda sukses.

Maksudnya bagaimana?

Lakukan apa yang diperintahkan oleh Tuhan dan Rosulnya. 
Berbisnis dengan cara yang jujur, santun, senyum, dan ramah.

Niat Bisnis Harus Baik :

  1. Jujur
  2. Amanah
  3. Santun
  4. Teloransi
  5. Sungguh-sungguh
  6. Beribadah
  7. Mendapatkan Uang


2. Ide Bisnis



Niat yang baik akan menghasikan bisnis yang baik. 

Nah sekarang anda tentukan mau bisnis apa, bisnis di rumah atau di luar rumah, bisnis makanan atau pashion, silahkan tentukan sendiri.

Contoh Ide Bisnis :

  1. Bisnis Bakso
  2. Bisnis Mie Ayam 
  3. Bisnis Batagor
  4. Bisnis Kupat Tahu
  5. Bisnis Siomay
  6. Bisnis Ketoprak
  7. Bisnis Sop Buah
  8. Bisnis Rumah Makan
  9. Bisnis Es Campur
  10. Bisnis Karedok
3. Diskusi dengan Keluarga



Diskusilah dengan keluarga agar mendapatkan saran serta dukungan yang sangat membantu anda dalam memulai bisnis. Istri harus mendukung usaha suaminya dan sebaliknya sepanjang usahanya ada di rumah suami harus mendukung, kalau di luar rumah sebaiknya sitri jangan usaha, karena takut ada fitnah. Masih banyak ko usaha rumahan yang bisa di lakukan oleh sitri anda di rumah.

Restu istri dan keluarga sangat penting untuk mendapatkan kesuksesan dunia dan akhirat. Istri pasti akan selalu mendoakan kepada suaminya yang membuka usaha, begitupun orang tuanya agar usahanya lancar dan sukses.

4. Lapor Kepada Tuhan



Setelah keluarga menyetujui ide bisnis anda, langkah selanjutnya laporkan kepada Allah SWT pemilik alam semesta bahwa anda akan membuka usaha Rumah makan. Curhatkan semuanya supaya Allah selalu menyertai anda dan keluarga, usaha lancar, usaha maju dan anda sukses.

5. Modal



Bisnis tanpa modal bagaikan memasak nasi tanpa api. 
Modal itu sangat penting. Tanpa uang semuanya tidak akan terlaksana. Jaman sekarang tidak bisa barter, jaman dulu masih bisa barter, tidak punya uangpun jaman dulu masih bisa bertahan hidup karena bisa saling tukar barang.

Modal untuk bisnis usahakan modal sendiri dan tidak meminjam ke Bank. Alasannya sederhana supaya anda tidak dibebani dengan membayar hutang. 

Bayangkan saja jika anda meminjam uang dari Bank 10 juta untuk modal usaha, Anda harus membayar hutang setap bulan 500rb. Ini merupakan beban yang lumayan besar karena belum tentu Rumah Makan anda laku. 

Jadi modal usaha harus modal sendiri dan tidak boleh minjam. Lebih bagus anda menjual Motor atau mobil untuk usaha dari pada meminjam.

6. Perencanaan



Modal sudah siap 10 Juta uang sendiri.
Sekarang anda lakukan perencanaan bersama istri tercinta.

Apa yang harus direncanakan?

Rencana yang baik akan mendapatkan hasil yang baik.

Yang harus anda Rencanakan adalah :

  1. Tempat Usahanya di mana? (Rumah Sendiri/Sewa)
  2. Makanan yang harus tersedia apa aja? (Harus Komplit)
  3. Harga per porsinya berapa? (15rb cukup)
Sisanya silahkan dan rencanakan sendiri bersama istri.

7. Pelaksanaan

Dalam pelaksanaan terkadang tidak sama dengan perencanaan, bisa kuarng modal bisa juga pas. Untuk memulai bisnis alangkah baiknya di mulai pada hari senin atau kamis, karena Rosululloh pun melakukan aktifitas di hari tersebut. Jadi kita akan mendapatkan pahala.




8. Evaluasi

Evaluasi atau penilaian kinerja itu sangat dibutuhkan agar bisnis anda bisa berjalan langgeng. Evaluasi biasanya dilaksanakan 1 bulan sekali, tapi terserah anda karena pemilik usahanya kan anda jadi terserah anda.

9. Berdo'a

Do'a sangat penting agar bisnis rumah makan anda laris manis. Kapan berdo'a yang baik dan mustajab?
Berdo'alah di sepertiga malam pukul 3 dini hari Yaitu Melaksanakan Shalat tahajud dan berdo'alah sebelum membuka bisnis pukul 06.15 yaitu dengan melaksanakan Shalat Dhuha.

Semoga bisnis anda lancar, Aamin.

0 Response to "9 Cara Memulai Bisnis dari Nol Hingga Sukses untuk Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel