Inilah Manfaat dan Mudharat Media Sosial dalam Kehidupan Sehari-hari

Lingkarcara.Com - Di zaman serba canggih dan serba instan ini kita disuguhi berbagai macam informasi di media sosial, televisi, internet dan sebagainya. Tentunya kita harus teliti dan memfilterisasi tentang informasi tersebut jangan sampai kita terjebak ke dalam ketidak pastian atau penipuan informasi hoax. Informasi di zaman ini menggunakan media sosial bisa cepat sekali bagaikan busur panah yang di lepaskan dari gondewa, 1 menit saja bisa viral kemana-mana. Informasi yang di lepaskan jika positif itu sangat baik dan akan mendapatkan pahala, tapi jika yang di lepaskan adalah informasi negatif ini akan membahayakan si penulis bahkan bisa terancam oleh hukuman. 

Gunakan media sosial dengan bijak, sesungguhnya polisi media sosial selalu memantau anda, kesalahan diri anda bisa menjadikan anda mendekam di penjara. 

Pembahasan pada kesempatan kali ini tentang Manfaat  dan Mudharat Media sosial dalam Kehidupan Sehari Hari 



Manfaat Media Sosial dalam Kehidupan Sehari-hari 

1. Bersosialisasi

Bersosial artinya kita tidak bisa hidup sendiri tanpa ada bantuan orang lain. Bersosial itu kita selalu ada di dalam lingkaran kasih dan sayang semua orang. Kita bisa bercanda tawa dengan teman, saling sapa, bertanya kabar, tinggal di mana dan sebagainya. 

Saling membutukan satu sama lain merupakan tidakan yang sanagat positif yang bisa menjadikan contoh untuk orang laim agar mereka juga bisa meniru.

2. Mencari Teman

Mencari dan mendapatkan teman sangat di anjurkan oleh agama islam. Mendapatkan teman 1000 itu masih kurang dan jika anda mendapatkan musuh 1 saja, itu kebanyakan. Jadi anda di haruskan banyak mencari teman dan jangan mencari musuh.

Di mendia sosial bisa mencari teman sebanyak-banyaknya sesuka hati kamu, mau 1000 teman bahkan bisa 5000 teman itu silahkan boleh-boleh saja.

Jadikan teman di media sosial adalah sahabat yang akan memberikan informasi yang bermanfaat untuk masa depan.

3. Jumpa dengan Teman Lama

Teman lama merupakan seseorang yang pernah hidup sama-sama di masa dulu dan berjumpa kembali di masa sekarang. Media sosial bisa menjadi wadah mencari teman lama, hanya saja ada beberapa kesulitan untuk mencarinya, karena nama yang di gunakan terkadang tidak sama dengan nama aslinya.

Saya sengaja menggunakan nama asli agar teman lama saya bisa mencari saya dan mendapatkan akun saya, nantinya bisa bertemu dengan teman lama saya. 

Terkadang kita tidak sengaja menemukan teman lama dengan nama yang berbeda, tapi photonya bisa kita identifikasi bahwa benar dia adalah teman kita. 

Rasanya sangat senang bisa berjumpa dengan teman dan sahabat yang sudah lama tidak berjumpa, haru dan terasa kembali kemasa dulu lagi.

Baca Juga : 8 Cara Akun Adsense Kamu 100% disetujui

4. Mencari Jodoh

Jodoh harus dicari. Orang bisa mendapatkan jodoh di media sosial facebook atau Instagram. Saya salah satunya orang yang mendapatkan jodoh dari facebook.

Saya sudah sudah di karunia seorang anak yang bernama Zdikra Syakira Ramadhani, lucu dan cantik semoga kamu menjadi anak yang Shalehah, amin.

Masih banyak orang yang mendapatkan jodoh dari media sosial salah satunya adalah anda. 

5. Media Hiburan

Mendapatkan kesenangan tentunya bisa di mana saja dan oleh siapa saja. Ketika anda bernyanyi itu bisa membuat orang terhibur bahkan bisa menghilangkan kepenatan dalam diri orang tersebut. 

Di media sosial facebook dan Instagram bisa mengupload video yang lucu yang bisa menghibur seluruh teman. Misalkan video bernyayi, di kejar-kejar anjing, jatuh tersungkur dan masih banyak lagi video yang bisa menghibur anda.

6. Curhatan Update

Mengupdate status itu sangat penting, terbukti bahwa pemilik akun tersebut masih ada dan masih dipergunakan. Update status bisa apa aja, asalkan jangan yang negatif yang membuat orang heboh. 

Terkadang saya menemukan update status yang aneh yang gak jelas deskripsinya. Misalkan #Hujan, maksudnya apa? Mungkin yang dia maksud di tempat saya sedang hujan. 

Update status yang baik-baik dan yang informatif, seperti kecelakaan, jalan rusak, gemba, longosr dan sebagainya. Curhatan Update ini bisa viral dalam 10 menit.

7. Berdakwah Ilmu

Saya melihat sangat benyak yang memanfaatkan media sosial untuk berdakwah, salah satunya mengenai manfaat shalat, baca al-quran dan sebagainya. Satu ayat saja di sebarkan maka akan menyebar pula kebaikan pada anda setiap ada yang membaca ceramah anda.

Ada lagi menyebar kebaikan melalui kesehatan, cara mengobati sakit mag, sakit kencing manis, ginjal dan lain-lain. Semakin banyak yang membagikan semakin menyear artikel tersebut, semakin banyak pahala yang anda dapatkan.

8. Berjualan Online

Di media sosial apapun bisa laku asalkan memiliki keindahan dan daya keratifitas yang tinggi. Banyak di antara teman-teman saya yang mulai bisnis di media sosial, karena penyebarannya sangat cepat.

Salah satu contohnya Adik saya, Ia memulai bisnis pernak-pernik hiasan 1 tahun yang lalu dan ahlamdulillah selalu ada yang memesan, baik dari Desa setempat maupun dari luar desa. 
Bisnis ini sangat di minati oleh anak sekolah dan ibu-ibu yang masih muda, karena produk yang di sajikan sangat bagus dan indah di pandang mata. Contoh prodaknya, Hiasan dinding, hiasan pintu, membuat nama di baju, sendal cropy dan masih banyak yang lainnya.

Mudharat Media Sosial dalam Kehidupan Sehari-Hari

1. Kecanduan Media Sosial



Keseringan bermain media sosial akan menjadikan diri anda kecanduan atau ketagihan, ini sangat berbahaya karena anda akan terus bermain medsos tanpa berinteraksi dengan orang yang ada di sekeliling anda. Lupa dengan orang tua, suami bahkan lupa dengan anak sendiri. 

Gunakan media sosial dengan sebaik-baiknya dan seperlunya saja, agar anda tidak ketagihan.

2. Selingkuh

Selingkuh merupakan bermain dengan wanita atau pria lain. Banyak sekali kasus yang bercerai di karenakan pasangannya memiliki kekasih lagi melalui media sosial. 

Langkah yang bisa di jalankan sangat mudah, cari teman, chating setiap hari dan yang terakhir ketemuan. Terjadilah perselingkuhan yang membuat masa depan dia hancur dan keluarganya juga hancur. Ini jangan sampai terjadi pada anda dan keluarga anda, segeralah bertaubat agar anda bisa kembali kejalan yang Allah rodhoi.

3. Menyebarkan Dosa

Banyak yang melakukan tindakan merugikan untuk dirinya dendiri, tapi dia tidak menyadari bahwa tindakannya itu menyebarkan dosa bahkan dosanya dia menjadi dosa turunan yang akan menumpuk setiap hari.

  1. Mengupload Photo Seksi, Menguload photo bisa menyelamatkan anda dan bisa membahayaka anda. Salah satu photo yang baik adalah photo yang tertutup yang bisa menutup aurat anda. Sementara photo yang seksi akan membawa bencana dalam kehidupan anda, photo tersebut akan menyebar di lihat oleh banyak orang, jika yang melihat photo anda 1000 orang maka anda mendapatkan 1000 dosa. Selama photo tersebut ada maka dosa tersbut akan terus mengalir kepada anda. Segeralah hapus photo anda supaya dosa anda berhenti.
  2. Mengupload Video Seksi, Video seksi  merupakan video yang di larang oleh ajaran islam, karena akan mendatangkan syahwat bagis siapa saja yang melihatnya. Sudah jelas bahwa membuka aurat untik perempuan hukunya haram, jika terlihat oleh orang lain selain mahramnya berdosalah ia. Untuk menemukan video seksi di facebook sudah ada, sudah mulai di upload, tidaka da tindakan sama sekali oleh facebook padahal video tersebut bahaya untuk semua orang.

4. Ujaran Kebencian

Mendekati Pilpres 2019 banyak sekali ujaran kebencian yang di lontarkan oleh masing-masing paslon. Paslon no urut 1 yang menjelekan Paslon no urut 2, begitu juga sebaliknya. 

Harapan saya adalah jangan menjelek-jelekan orang lain seseungguhnya yang dia jelekan belum tentu jelek, siapa tahu justru dia yang paling baik di mata Tuhan Semesta Alam. Malahan yang menjelek-jelekan yang jutru jelek di mata Tuhan. 

Pilpres jadikanlah ajang beradu strategi tapi bukan untuk menjatuhkan lawan, harusnya saling bekerja sama untuk mencapai Indonesia yang sejahtera.

Pahami dari 2 Paslon Tersebut kekurangan dan kelebihannya. Manusia tidak ada yang sempurna, semuanya pernah melakukan kesalahan, yang berlalu sudah menjadi kenangan dan yang belum di alami merupakan masa depan kita. Siapapun yang akan menjadi Presiden Republik Indonesia 2019-2024 mendatang itu merupakan Presiden yang terbaik pilihan Rakyat Indonesia. 

Mulai hari ini stop menghujat, stop melakukan cibiran dan hinaan, dan stop berbuat ujaran kebencian di media sosial agar anda selamat dunia dan akhirat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel