Belajar SEO Itu Mudah 2019

Lingkarcara.Com - SEO kepanjangan dari  Seach Engine Optimization. SEO merupakan pengoptimalan mesin pencari google. Banyak sekali para blogger yang berkompetisi agar blognya bisa nangkring di halaman pertama google. Perlu diketahui bahwa ilmu SEO tidak ada standar baku, jadi semua orang masih berpeluang situsnya berada di page one google. 

Diantara teman-teman blogger ada yang melakukan pengujian terhadap SEO agar bisa berada di beranda google, pengujian tersebut ada yang berhasil ada juga yang tidak, artinya berada di halaman kedua, ke tiga dan seterusnya. 

Penulispun sama melakukan penelitian tentang SEO, sedikit-sedikit ilmu SEO mulai terbuka dan mulai bisa melakukan tindakan yang relevan dengan ilmu SEO. Ilmu SEO itu mudah dan bisa dilakukan oleh semua orang termasuk anda.
Penulis akan memaparkan agar artkel anda berada di halaman satu google, Anda harus menentukan :

1. Judul (Title)

Judul artikel SEO digunakan sebagai kata kunci yang dibidik. Semakin kata kunci yang anda bidik posisinya di sebelah kiri judul tersebut semakin SEO. 

Contoh 1

"Belajar Seo Gratis"

Judul artikel di atas sudah SEO, jadi tidak usah dirubah lagi.

Contoh 2

"7 Manfaat Mencuci Kepala untuk Kesehatan Kita"

Judul tersebut sudah SEO, judul yang dibidik "Mencuci Kepala" jarang orang yang mengetik keyword dimesin pencari "Mencuci Kepala" pasti ada tambahannya, misalkan "Manfaat Mencuci Kepala"

Supaya judul tersebut makin SEO saya tambahkan judulnya menjadi "Mencuci Kepala | 7 Manfaat Mencuci Kepala untuk Kesehatan Kita" Alhamdulillah artikel saya masuk di halaman pertama google no 3 dengan jumlah pesaing 3.370.000.



Setelah artikel saya diterbitkan, posisinya ada di halaman 2 paling akhir, setelah 10 jam artikel saya naik ke halaman 1 google no 3 sangat luar biasa. 

Anda jangan pernah membuat awalan judul seperti ini sangat tidak SEO :

  1. Wah inilah ...
  2. Sangat Luar Biasa ...
  3. Mantap ...
  4. Cara Mendapatkan ...
  5. dll

2. Penjelasan Judul (Meta Title)

Meta title maksimal 56 karakter, jika lebih dari itu google akan memotong secara otomatis. Meta Tittle bisa di depan bisa juga di belakang sesuaikan saja dengan Judul artikel anda.

Contoh

"7 Manfaat Mencuci Kepala untuk Kesehatan Kita"

Meta Titlenya"Untuk Kesehatan Kita"

Paham kan ?
3. Link Artikel Harus Sesuai dengan Kata Kunci

Maksudnya pada saat anda membuat artikel, Platform blogger dan wordpress sudah menyediakan tentang tautan permanen yang bisa dirubah oleh kita sebelum artikel di terbitkan, jika artikel sudah di terbitkan tidak bisa diedit, jadi anda harus hati-hati dalam membuat link atau tautan permanen. 

Contoh

https://www.lingkarcara.com/2019/02/manfaat-mencuci-kepala.html

Sesuaikan link tersebut dengan judul yang anda bidik.

Cara Merubah Linknya Pada Platform Blogger

  • Klik Tautan Permanen posisinya sebelah kanan di bawaha label dan jadwal
  • Ada dua pilihan, tautan permanen otomatis dan Khusus.
  • Pilih tautan permanen khusus, rubah dan sesuaikan dengan kata kunci atau judul artikel anda.



4. Meta Deskripsi

Meta deskripis merupakan penjelasan judul dan meta title, posisinya di bawah judul dan meta title. 

Fungsi dari Meta Deskripsi mendorong artikel berada di halaman pertama google dan membantu pengunjung untuk bisa mengklik artikel tersebut. Dengan adanya Meta Deskripsi pengunjung merasa bahwa artikel anda lebih baik karena menjelaskan judul artikel. 

Berbeda jika artikel anda tidak menggunakan Meta Deskripsi secara khusus, google akan mengambil secara acak dari konten anda. Saran penulis anda harus membuat Meta Deskripsi secara khusus agar artikel anda lebih bagus dan mengundang klik.

Gambar yan ada pada kotak ungu merupakan Meta Deskripsi yang penulis buat secara khusus.



Caranya sangat mudah

  • Klik Deskripsi Penulusuran yang posisinya sebelah kanan dari halaman konten anda
  • Masukan Deskripsi singkat tentang artikel anda, maksimal 156 karakter jika lebih google akan memotong deskripsi tersebut.




5. Siapkan Gambar dan Video

Google tidak bisa membaca gambar, jadi sebagus apapun gambar anda google tidak bisa mendeskripsikan gambar secara khusus. 

Perlu anda ketahui bahwa google bisa membaca dan mendeskripsikan gambar melalu nama pada gambar, jadi nama pada gambar harus merhubungan dengan Judul artikel.

Contoh

Judul artikel saya tentang SEO

"Belajar SEO Itu Mudah"

Cara membuat nama pada gambarnya seperti ini

"Belajar-SEO" atau "Belajar SEO" tanpa setrip.

Jika gambarnya banyak anda bisa tambahkan nama di akhirnya

"Belajar-SEO-Itu-Mudah"


Untuk judul pada video tidak usah menggunakan -, gunakan Judul yang sama dengan materi pada artikel anda.

6. Riset Kata Kunci Judul

Supaya anda mendapatkan bayangan tentang jumlah judul yang akan anda buat maka anda harus riset kata kunci dan tentunya akan ada tambahan meta judul setelah kata kunci di enter.

Sebetulnya riset kata kunci tidak terlalu penting karena akan membuat anda bingung, pusing dan bahkan bisa saja stres.

Jika anda ingin tetap meriset kana kunci gunakan situs terpercaya, salah satunya mesin pencari google. 

Baca Juga : 10 Jasa Penulisan Artikel SEO Berkualitas dan Terpercaya 2019

7. Konten Artikel Berkualitas

Artikel berkualitas merupakan artikel yang pembahasannya mendalam, bukan mengada-ngada melainkan sesuai dengan penjelasan setiap kerangka.

Langkah paling mudah dalam membuat artikel buat dulu kerangkanya baru masuk kedalam.

a. Tentukan kerangkanya atau poin-poin pentingnya
b. Kata Pengantar
c. Daftar isi
d. Isi Artikel
e. Kesimpulan

Artikel SEO friendly minimal 300 kata dan maksimal 2.000 kata. Saran penulis jangan membuat banyak kata dengan cara membahas yang tidak penting atau istilahnya basa-basi, langsung saja pada inti pembahasan.

Selain itu artikel yang harus anda miliki merupakan artikel original bukan hasil copas, karena artikel original merupakan artikel yang sangat disukai oleh google.

Baca Juga : Cara Menulis Artikel SEO

8. Membuat Internal Link yang Sesuai

Internal link merupakan link yang disimpan pada satu artikel mengarah pada artikel kita yang lain dalam satu blog, minimal 3- 5 link. Cara penempatannya disesuaikan dengan panjang artikel, jika panjangnya 500 kata anda bisa menyisipkan 3 link internal dan jika panjang artikel anda 1000, bisa disisipkan 5 Internal Link. 

Cara menempatkannya bisa dalam kata bisa juga diluar kata, seperti "Baca Juga". Simpan Link tersebut pada setiap 2 atau 3 paragraf.

Kemudian link yang disimpan harus sesuai atau ada kolerasinya dengan topik blog yang di bahas. Misalkan artikel anda membahas tentang blog, maka Internal Linknya harus berhubungan dengan blog, jangan memasukan link artikel tentang kesehatan.

Kesimpulan

Belajar membuat artikel SEO itu mudah, bisa anda lakukan sekarang juga dengan menerapkan 8 langkah di atas. Berjuang terus agar artikel anda bisa berada di halaman pertama google. Berdo'a adalah kunci suksesnya para blogger, berdo'alah agar setiap artikel anda bisa berada di halaman satu google. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel