Mau Menulis Tapi Tidak Punya Ide,Ini caranya!

Lingkarcara.com - Menulis artikel bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja sesuai dengan waktu senggang anda. Ada orang yang bilang "maaf saya sibuk jadi tidak bisa menulis" menurut penulis sesibuk apapun anda pasti bisa menyisihkan waktu untuk menulis artikel, bercanda dengan keluarga, baca buku, dan sebagainya.

Menulis artikel blog sangat penting agar performa blog selalu fresh, dan selalu up to date dengan tujuan supaya banyak pengunjung dan pengunjung tidak bosan dengan artikel kita karena terus ada pembaharuan. 

Seperti halnya situs berita, mereka melakukan update berita 20-30 artikel setiap hari, jadi jangan heran jika pengunjungnya banyak dan pendapatannya pun besar. Para bloggerpun harus seperti itu selalu membuat artikel baru minimal 1 artikel setiap hari. Bisa anda bayangkan kalau sudah 1 tahun jumlah artikel blog anda mencapai 360 artikel, penulis yakin semakin banyak artikel akan semakin bagus kualitas dan kuantitas blog anda. 

Dari banyaknya pengalaman para blogger meyakinkah bahwa semakin sering membuat artikel Original bisa mendongkrak visitor blog mencapai 50-80%. 

Permasalahannya adalah bagaimana mendapatkan Ide untuk menulis artikel setiap hari?

Ya menulis artikel tidak mudah dan tidak setiap orang mampu, karena keterbatasan wawasan dan waktu, tapi bukan berarti tidak bisa kan, sesibuk apapun anda penulis yakin bisa membuat 1 artikel setiap hari. 



Daftar Isi

1. Membaca
2. Pandangan
3. Pengalaman
4. Skill
5. Diskusi 


1. Membaca

Nabi Muhammad Saw mendapatkan wahyu pertama surat Al-alaq ayat pertama "Iqro" artinya baca. Dengan membaca kita bisa menjelajahi dunia hanya dalam waktu yang singkat. Sebelum anda membuat artikel silahkan baca artikel orang lain dulu, pahami isinya dan tuangkan dalam blog anda, tapi ingat jangan copy paste karena akan merugikan diri sendiri.

Penulis juga sering melakukan hal tersebut sehingga bisa menulis artikel setiap hari, bahkan 2 artikel setiap hari juga bisa kalau sedang libur.

Kelemahan orang Indonesia adalah kurang minat membaca, jadi wajar jika pengetahuan mereka sangat minim. Alasan sederhananya adalah setelah membaca tidak mendapatkan hasil, jadi blank.

Cara yang paling jitu adalah baca artikel atau baca berita kemudian tuangkan kembali menggunakan bahasa sendiri, penulis yakin 50% dari yang anda baca akan tertuang masuk dalam selembar kertas dan blog anda

2. Pandangan

Apa yang anda pandang adalah ide. Terkadang kita tidak merasa bahwa itu adalah ide agar bisa menulis artikel. Nah mulai hari ini pandangan anda jadika ide cari materinya dan buatkan artikelnya.

Jika anda memandang tanaman kangkung buatkan artikel tentang kangkung, Jika anda memandang bawang, ikan, jambu dan lain sebagainya segera buatkan artikelnya, penulis yakin anda pasti bisa.


3. Pengalaman

"Pengalaman adalah guru terbaik" Dari beberapa pengalaman anda bisa menjadi ide agar bisa menulis artikel. Misalkan tentang pernikahan, cara mendapatkan uang, cara menggait wanita dan sebagainya.

Penulis yakin anda bisa membuat artikel yang panjang, karena pengalaman anda adalah guru anda sendiri, jadi anda lebih paham tentang ide tersebut.

4. Skill

Jika anda seorang guru buatlah judul artikel tentang cara mengajar yang baik, jika anda seorang youtuber butkan artikel tentang mendapatkan uang dari youtube.

Pembuatan artikelnya akan semakin mendalam karena anda sangat paham dengan tema artikel tersebut.


5. Diskusi 

Anda bisa berdiskusi dengan teman, istri, para blogger, ustadz dan sebagainya. Hasil diskusinya anda simpulkan dan buat artikelnya secara mendalam dan lengkap dengan photo dan video.

Google sangat suka dengan artikel yang dalam mencapai 1.000 kata, semakin dalam semakin bagus dan semakin puas untuk visitor blog anda, tapi ingat jangan basa-basi yang gak penting agar artikelnya panjang, buatlah artikel yang sebenarnya bukan di ada-adakan.

Kesimpulan

Ide untuk membuat artikel bisa dari mana saja, anda harus menyadari bahwa Tuhan menawarkan ide tersebut agar anda memnaca dan membuatkan artikelnya untuk orang lain. 

Ingat siapapun yang menanam benih suatu saat pasti akan menuainya. Tidak ada yang sis-sia jika anda menulis dengan hati.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel