7 Manfaat Mencuci Hidung untuk Kesehatan

Lingkarcara.com - Hidung merupakan indra pencium yang harus dijaga fungsinya secara baik. Hidung bisa berkurang fungsinya disebabkan jarang mencucinya dan ini bisa berdampak tidak baik buat kesehatan hidung anda. 

Jangan sesekali mencabut bulu hidung anda, karena kotoran akan lancar masuk ke paru-paru anda. Sunahnya bulu hidung dipotong menggunakan gunting kecil. Allah ta'ala begitu sayang kepada hambanya hingga menciptakan bulu hidung agar kotoran dan debu tidak masuk keparu-paru. 

Sudah sepatutnya kita sebagai hamba bersyukur atas nikmat yang telah Allah berikan, Alhamdulillah.


Nah supaya hidung anda tetap sehat dan salah satu cara beryukur kita kepada Allah lakukan 7 Manfaat Mencuci Hidung untuk Kesehatan :

1. Membersihkan Kotoran dan Debu

Aktifitas di dalam ruangan atau diluar ruangan akan membuat hidung kemasukan kotoran dan debu, ini berbahaaya jika tidak secepatnya diantisifasi dengan baik. Solusinya adalah dengan membersihkan hidung dengan air bersih dan dingin, lakukan 5 kali dalam sehari, Ingsya Allah hidung Anda akan selalu sehat. 

2. Mengencerkan Lendir yang kental

Pada saat daya tahan tubuh kita kurang baik akan terkena flu dan pilek. Flu akan membuat hidung tersumbat dan itu membuat tidak nyaman dalam beraktifitas. Solusinya dengan mencuci hidung setiap hari 5 kali, Ingsya Allah sehat. Lebih bagus airnya dihirup lendir yang menyumbat akan mencair seketika.

Baca : 10 Manfaat Mencuci Muka

3. Mengurangi Gejala Alergi dan Selesma

Alergi merupakan perubahan kulit yang disebabkan oleh bakteri. Kulit hidung anda akan gatal dan itu membuat aktifitas anda terganggu. Solusinya dengan mencuci hidung sobat dengan cara menghirup air 3 kali. Kebiasaaan mencuci hidung merupakan kebiasaan yang baik harus anda lakukan 5 kali dalam sehari. 

4. Menjaga kelembapan Rongga Hidung

Rongga hidung memiliki fungsi yang baik dalam mencium aroma dan menghirup udara, jika rongga hidung sakit akibatnya akan buruk untuk kesehatan hidung anda. Air dingin sangat bagus untuk kulit hidung dan rongga hidung anda, segeralah mencuci hidung sekarang juga jangan dinantikan karena akan berbahaya untuk kesehatan rongga hidung anda.

5. Mencegah Berkumpulnya Kuman dan Bakteri

Kuman dan bakteri bisa bersarang pada hidung anda rasanya gatal dan panas. Cara mengatasinya dengan seringnya mencuci dan menghirup air agar kuman dan bakteri bisa keluar bersmaan dengan air yang dikeluarkan dari hidung. Gunakan cara ini 5 kali dalam sehari Ingsya Allah hidung anda akan sehat terhindar dari kuman dan bakteri.


6. Mengurangi pembengkakan Akibat Radang

Radang merupakan penyakit kekurangan air atau dengan kata lain kekeringan. Cara mengatasinya dengan mencuci hidung dan menghirup air 5 kali dalam sehari Ingsya Allah akan sehat.


7. Mencegah dan Mengobati Struk

Struk merupakan penyakit yang timbul dari tidak berfungsinya otak. Otak tidak bisa memberikan signal kepaa anggota tubuh sehingga anggota tubuh tersebut lumpuh tidak bisa digerakan. 


Cara mencegah supaya tidak mendapatkan penyakit struk adalah sebagai berikut :

  • Pada saat anda mau mandi basahi dulu kaki sampai betis, setelah itu silahkan mulai mandi.
  • Rajinlah menghirup air pada hidung sampai terasa pusing dikepala, pusing pada kepala pertanda air sudah mengguncang otak agar otak tidak diam atau dengan kata lain otak akan berfungsi dengan baik.


Cara Menyembuhkan Struk juga sama dengan rajin menghirup air pada hdung hingga terasa pusing dikepala. Pengobatan ini gratis tidak usah pergi ke Dokter apalagi ke luar negeri.

Allah SWT sangat sayang kepada hambanya, menghirup air ada pada tata cara berwudhu sekalipun hukumnya sunat tapi efeknya sangat luar biasa untuk kesehatan. Ingat jangan sepelekan mengirup air pada hidung.

0 Response to "7 Manfaat Mencuci Hidung untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel