5 Manfaat Mencuci Tangan untuk Kesehatan

Tangan merupakan indra peraba yang sering bersentuhan dengan benda seperti tanah, lemari, ikan, uang, dan lain sebagainya. Seringnya bersentuhan dengan benda tersebut akan ada kuman penyakit yang menempel bahkan bisa saja mengancam kesehatan kita. Ketika makan kita menggunakan tangan lalu tangan kita kotor maka bahaya mengincar kita, lebih dari 100 kuman menempel pada tangan kita. Kejadian ini bisa terjadi pada sikecil, biasaanya anak kecil bermain dengan tanah dan sesekali memasukan tanah pada mulut dan mengusap wajah, ini sangat berbahaya mohon diperhatikan anak kecilnya ya bair tidak kena penyakit. 

Untuk itu saya akan membahas 5 Manfaat Mencuci Tangan untuk Kesehatan : 


 Manfaat mencuci tangan

1. Menghilangkan Kuman dan Bakteri

Mencuci tangan sangat dianjurkan oleh Dokter, karena tangan merupakan indra peraba yang selalu bersentuhan dengan apapun siapapun dan dimanapun. Benda yang banyak kuman dan bakteri adalah uang dan Kotoran kita.

Pernahkah anda melihat ada orang yang mencuci uang dengan diterjen? saya kira jarang mungkin tidak pernah mencuci uang, maka dari itu kuman dan bakteri pada uang jauh lebih banyak dibandingan dengan benda lainnya. Uang akan selalu berpindah tangan dari si A ke si B, ke si Z terus aja berputar.

Cara menghilangkan kuman dan bakteri pada tangan kita adalah sebagai berikut :
  • Siapkan sabun Cair anti kuman ( Lifebouy atau Detol); 
  • Air yang digunakan harus air yang mengalir menggunakan keran, Basuh telapak tangan secara merata kemdian ambil sabun cair dan gosok gosok secara perlahan pada telapak tangan, punggung tangan dan jari-jari tangan;
  • Bilas dengan air secara merata;
  • keringkan dengan handuk yang bersih.

Mencuci tangan lakukan 3 sampai dengan 5 kali sehari setiap mau makan dan setelah beraktifitas Ingya Allah hidup kita selalu sehat, Amin. 


Dalam hadist Nabi Muhammad SAW berbunyi,
”Ath-thahuuru syatrul iimaan” (HR. Ahmad, Muslim, dan Tirmidzi) Artinya "kebersihan sebagian dari iman".

Apakah kuman dan bakteri itu mati setelah mencuci tangan dengan sabun anti kuman?

Ingsya Allah Kuman dan bakteri serta virus akan mati dan Allah akan melindungi kita dari bermacam penyakit Aamin.

2. Mengurangi penyebaran penyakit

Kebiasaan mencuci tangan dengan Sabun anti kuman merupakan kebiasaaan yang sangat bagus dan itu akan mengurangi resiko penularan penyakit kepada diri kita dan orang lain. Logikanya begini tangan kita pasti menyentuh hidung dan mata, itu merupakan tindakan menularkan kuman ke hidung dan mata, jadi wajar jika hidung kita sakit dan mata kita juga sakit.


Penyebaran kuman dengan orang lain biasanya dengan bersalaman, Untuk itu kita harus menyiapkan Antis (Anti septik pengilang kuman) jadi anda bisa menyemprotkan pada telapak tangan setelah bersalaman, Ingya Allah kita akan selalu sehat.

3. Menyegarkan Kulit 

Kebiasaan mencuci tangan 3 sampai 5 kali setiap hari akan menimbulkan efek baik buat kulit kita yaitu kulit akan segar dan cantik. Kesegaran kulit akan membuat pikiran kita juga segar dan Regenerasi sel dalam kulit akan cepat karena kulit mendapatkan Oksigen yang sempurna setiap hari.

4. Melembutkan Kulit

Mencuci tangan akan membuat kulit kita lembut dan kencang silahkan buktikan sendiri. Air bisa melembabkan dan menyehatkan pada kulit, kelembutan kulit merupakan dambaan setiap orang anda akan merasa lebih baik dan lebih sehat.

5. Percaya diri 

Setelah mencuci tangan saya yakin anda akan merasa lebih nyaman dan percaya diri karena kuman dan bakteri pada tangan anda sudah hilang. Anda akan percaya diri menyentuh Bayi dan anak kecil dam anda juga percaya diri ketika berjalan dengan pasangan anda atau Istri anda.

Demikian 5 Manfaat Mencuci Tangan Untuk Kesehatan, semoga bermafaat untuk kita semua, Amin. Jika ada yang mau ditanyakan silahkan masukan komentar Anda.

Kesimpulan

Tangan merupakan anggota tubuh yang sering bersentuhan dengan benda apapun, anda harus menyiapkan anti septik agar tangan selalu sehat dan harum.

0 Response to "5 Manfaat Mencuci Tangan untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel