45 Manfaat Wudhu Untuk Kesehatan Kita

Lingkarcara.com - Khusus untuk orang muslim diwajibkan untuk bersuci ketika mau beribadah menghadap sang pencipta. Pertama Bersuci dari hadas besar dan ke dua bersuci dari hadas kecil. 

Jika seseorang beribadah shalat tapi memiliki hadas, maka shalatnya tidak sah, untuk itu harus hilangkan dulu hadasnya agar shalatnya sah.

Cara bersuci dari hadas besar dengan mandi atau adus dan cara bersuci dari hadas kecil dengan berwudhu. 

Untuk anda yang sudah biasa melaksanakan shalat tentunya sudah biasa merasakan manfaat berwudhu, berikut ini penulis sampaikan 45 manfaat wudhu untuk kesehatan :

Pahami, 45 Manfaat Wudhu Untuk Kesehatan

1. Membersihakn Mulut dari Kotoran 

Dengan cara berkumur bisa membersihkan kotoran seperti sisa makan, plak, dan sebagainya. Berkumur dalam wuhdu hukumnya sunat, jika dikerjakan mendapatkan pahala dan jika tidak dikerjakan tidak mendapatkan dosa atau sikswa.

Berkumur tidak bisa membersihkan kotoran dalam mulut 100 persen, karena air tidak bisa memprak porandakan kotoran yang terselip dalam gigi, jadi harus menggunakan alat seperti Sikat gigi.

Kebersihan mulut harus dijaga agar kawan yang ada didekat kita bisa merasa nyaman tidak bau busuk, pete, jengkol dan sebagainya.
2. Mengatasi Bau Mulut

Bau mulut membuat sobat tidak aman bukan? buat itu sobat wajib giat berkumur serta dukung dengan menggosok gigi, biar gigi tambah bersih serta wangi. Berkumur cuma dapat melenyapkan bau 30% saja, bau mulut hendak senantiasa terdapat serta sobat dapat tidak yakin diri.

Jalani berkumur serta menggososk gigi 3 samapai dengan 5 kali satu hari sehabis makan, saat sebelum tidur serta sehabis bangun dari tidur. Rasakan kelainannya mulut sobat hendak bersih serta wangi. Perihal ini jangan dikira sepele yach sobat wajib dapat menyesuikan diri buat kesehatan mulut sobat. 

3. Mengencangkan Otot Rahang dan Pipi

Terus menjadi kerap berkumur aku percaya sobat hendak terus menjadi sehat sebab fungis berkumur hendak sobat rasakan 2 hingga 5 hari kedepan. Otot rahang serta pipi hendak terus menjadi kencang terlebih bila sobat berkumur dengan air dingin itu hendak lebih baik. Berkumur dapat dicoba minimun 5 kali dalam satu hari, di waktu subuh, dzuhur, ashar, magrib, serta isya, bila lebih dari 5 kali itu sangat baik kulit pipi sobat hendak kenyal serta sehat aku telah meyakinkannya sendiri, giliran sobat meyakinkannya sendiri. 
4. Menyegarkan Kulit rahang dan Pipi

Orang yang kerap berkumur hidupnya hendak berganti lebih baik sebab kulit yang terserang air hendak merasakan kesegaran, jadi kulit sobat hendak memperoleh oksigen yang lumayan sehingga sobat dilihat oleh orang lain terus menjadi tampan ataupun menawan, ini dampak dari seringnya berkumur. Kulit hendak terasa fresh serta kenyal dan memiliki enegrgi yang positif, dapat menjadikan pendamping sobat jatuh hati serta terus menjadi sayang, buktikan sendiri. 

5. Mengatasi Sakit Gigi

Berkumur dapat melenyapkan kotoran pada sela- sela gigi serta ini bagus biar sobat tidak merasakan yang namanya sakit gigi. Sakit gigi mencuat sebab banyak santapan yang melekat pada gusi sehingga bakteri dapat tumbuh baik serta mengganggu gigi sobat, terlebih santapan yang manis- manis itu beresiko buat gigi sobat.

Dengan berkumur sobat dapat bebas dari sakit gigi serta dapat meminimalisir bila sobat sakit gigi. Berkumur bisa menanggulangi sakit gigi 50% serta 50% lagi dengan menggsosok gigi serta aku juga sempat hadapi yang namanya sakit gigi wah sakit banget deh serta mudah- mudahan tidak mengalaminya lagi tercantum sobat. Pokonya jangan hingga sakit gigi. Dari pada sakit gigi lebih baik sakit hati, Betul apa betul?

6. Mensterilkan Kotoran serta Debu Pada Hidung

Kegiatan di dalam ruangan ataupun diluar ruangan hendak membuat hidung kemasukan kotoran serta debu, ini berbahaaya bila tidak secepatnya diantisifasi dengan baik. Solusinya merupakan dengan mensterilkan hidung dengan air bersih serta dingin, jalani 5 kali dalam satu hari, Ingsya Allah hidung Kamu hendak senantiasa sehat.

7. Mengencerkan Lendir yang kental.

Pada dikala energi tahan badan kita kurang baik hendak terserang flu serta pilek. Flu hendak membuat hidung tersumbat serta itu membuat tidak aman dalam berkegiatan. Solusinya dengan cuci hidung tiap hari 5 kali, Ingsya Allah sehat. Lebih bagus airnya dihirup lendir yang menutup hendak mencair mendadak.

8. Kurangi Indikasi Alergi serta Selesma.

Alergi ialah pergantian kulit yang diakibatkan oleh kuman. Kulit hidung kamu hendak gatal serta itu membuat kegiatan kamu tersendat. Solusinya dengan cuci hidung sobat dengan metode menghisap air 3 kali. Kebiasaaan cuci hidung ialah kerutinan yang baik wajib kamu jalani 5 kali dalam satu hari.

9. Melindungi kelembapan Rongga Hidung.

Rongga hidung mempunyai guna yang baik dalam mencium aroma serta menghisap hawa, bila rongga hidung sakit dampaknya hendak kurang baik buat kesehatan hidung kamu. Air dingin sangat bagus buat kulit hidung serta rongga hidung kamu, segeralah cuci hidung saat ini pula jangan dinantikan sebab hendak beresiko buat kesehatan rongga hidung kamu.

10. Menghindari Berkumpulnya Bakteri serta Bakteri

Bakteri serta kuman dapat bersarang pada hidung kamu rasanya gatal serta panas. Metode mengatasinya dengan seringnya cuci serta menghisap air supaya bakteri serta kuman dapat keluar bersmaan dengan air yang dikeluarkan dai hidung. Pakai metode ini 5 kali dalam satu hari Ingsya Allah hidung kamu hendak sehat bebas dari bakteri serta kuman.

11. Kurangi pembengkakan Akibat Radang

Radang ialah penyakit kekurangan air ataupun dengan kata lain kekeringan. Metode mengatasinya dengan cuci hidung serta menghisap air 5 kali dalam satu hari Ingsya Allah hendak sehat.

12. Mencegah dan Mengobati Struk

Struk merupakan penyakit yang timbul dari tidak berfungsinya otak. Otak tidak bisa memberikan signal kepaa anggota tubuh sehingga anggota tubuh tersebut lumpuh tidak bisa digerakan. 

Cara mencegah supaya tidak mendapatkan penyakit struk adalah sebagai berikut :

  1. Berdua dulu sebelum masuk wc.
  2. Langkahkan kaki anda, kemudian ambil air pake gayung siramkan pada kaki anda, tunggu beberapa saat agar menyerap pada kulit dan daging.
  3. Rajinlah menghirup air pada hidung sampai terasa pusing dikepala, pusing pada kepala pertanda air sudah mengguncang otak agar otak tidak diam atau dengan kata lain otak akan berfungsi dengan baik.
  4. Cara Menyembuhkan Struk juga sama dengan rajin menghirup air pada hdung hingga terasa pusing dikepala. Pengobatan ini gratis tidak usah pergi ke Dokter apalagi ke luar negeri.
13. Mengatasi Jerawat

Jerawat merupakan kuman dan bakteri yang mengendap pada lapisan pori seingga menjadi timbulnya bentolan kecil dan bila dipijit akan terasa sakit. Itu disebabkan jarang mencuci muka dengan teratur. Cara mengatasinya sangat mudah yaitu dengan makan yang teratur dan rajin-rajinlah mencuci muka setiap hari.

14. Mengurangi Peradangan

Radang artinya kekeringan atau kekurangan cairan yang ada di dalam kulit wajah sobat. Apalagi jika sering terkena sinar matahari itu akan sangat berbahaya selain bisa terjadi peradanagn bisa juga kangker kulit muka. Cara mengatasinya sangat simpel, bangun malah laksanakan sholat tahajud, tapi sebelumnya berwudhu dulu dengan teratur.

15. Memperbaiki Penampilan Kulit

Kulit yang kusam, berminyak dan berkerut disebsbkan banyak kotoran yang menempel pada pori kulit dan itu akan mengendap pada lapisan kulit wajah yang dalam dan sebab lainnya jarang mencuci muka, dan ini bisa diatasi dengan seringnya memcuci muka. Dengan seringnya mencuci muka maka wajah akan bagus kulit akan menjadi segar dan berseri. 

16. Melembabkan wajah lebih lama

Satu kali mencuci wajah akan mendapatkan kelembaban wajah sampai dengan 3 jam kedepan. Lembab artinya basah atau ada air yang terkabdung di dalam kulit wajah. 

17. Air Dingin Mengurangi Pembengkakan

Air dingin memiliki efek menyegarkan pada wajah dan mengurangi pembengkakan pada mata, dan kulit pipi. Wajah yang lebab dan bengkak bisa menjadi lebih baik dengan siraman air dingin secara teratur. 

18. Air dingin Mengencangkan Pori-pori

Air dingin berfungsi sebagai tonik atau tekanan sehingga pori-pori yang terbuka menjadi mengencang atau mengecil dan itu sangat bagus untuk kesehatan wajah. Wajah sobat akan cerah dan bervahaya.

19. Air dingin Meningkatkan Sirkulasi Darah

Telah terbukti dan teruji air dingin bisa melancarkan sirkulasi darah baik di siang hari maupaun di malam hari dan air dingin bisa mencerahkan wajah. Sobat bisa melihatnya pada orang-orang muslim yang rajin beribadah, mereka terlihat sehat dan rupawan.

20. Air Dingin Melindungi dari Sengatan Sinar Matahari

Untuk sobat yang sering beraktivitas keluar rumah tentunyaa sering terkena sinar matahari langsung dan ini akan sangaat berbahaya jika tidak diantisifasi dengaan membilas wajah 5 sampai 10 kali dalam sehari, itu akan membuat wajah semakin segar dan sejuk. Sinar matahari memang bagus untuk kulit mulai dari jam 6  sampai jam 9 pagi, sinar matahari tersebut mengandung vitamin D, Setelah jam 9 Vitaminnya semakin berkurang bahkan hilang sejak pukul 12.00. Jika sobat terkena sinar matahari pukul 12 siang yang ada adalah sumber penyakit kulit bisa terbakar dan bisa kering.

21. Air Dingin Mencegah Penuaan Dini

Ada diantara kita yang usianya muda tetapi mukanya terlihat tua, itu karena kulit menjadi tua istilahnya adalah penuaan dini penuaan yang tidak pada masanya. Penuaan dini ini sangat mempengaruhi terhadap kegiatan anda, bisa saja anda menjadi minder bertemu dengan orang lain.

22. Kulit Lebih bersih dan Percaya Diri

Kebersihan wajah akan terlihat dengan seringnya mencuci dan merawat wajah setiap hari. Wajah bersih adalaah modal untuk bisa bergaul dengan siapapun tanpa harus malu, alhasil sobat akan merasa percaya diri sepanjang hari.

Beruntung untuk orang muslim yang diwajibkan berwudhu setiap mau shalat dan membaca Al-quran, di dalam tata cara berwudu ada satu bagian yang penting yaitu mencuci wajah. Jangan heran orang Muslim wajahnya bersih dan bercahaya.

23. Menghilangkan Kuman dan Bakteri Pada Tangan

Mencuci tangan sangat dianjurkan oleh Dokter kenapa demikian, karena tangan merupakan indra peraba yang selalu bersentuhan dengan apapun siapapun dan dimanapun. Benda yang sangat banyak kuman dan bakteri adalah uang dan Kotoran kita.

Uang merupakan alat tukar alat pembelian yang syah. Pernahkah anda melihat ada orang yang mencuci uang dengan diterjen? tentu saja pernah hehe, mungkin pernah mungkin juga tidak.

Cara terbaik menghilangkan kuman dan bakteri pada tangan kita adalah sebagai berikut :
  1. Sabun anti kuman bisa sobat beli di warung (sabun cair)
  2. Air yang digunakan harus air yang mengalir menggunakan keran Basuh telapak tangan secara merata kemdian ambil sabun cair dan gosok gosok secara perlahan pada telapak tangan, punggung tangan dan jari-jari tangan;
  3. Bilas dengan air secara merata;
  4. keringkan dengan handuk yang bersih.


Cucilah tangan anda setiap hari agar selalu sehat.

24. Mengurangi penyebaran penyakit

Kebiasaan mencuci tangan dengan Sabun anti kuman merupakan kebiasaaan yang sangat bagus dan itu akan mengurangi resiko penularan penyakit kepada diri kita dan orang lain. Logikanya begini tangan kita pasti menyentuh hidung dan mata, itu merupakan tindakan menularkan kuman ke hidung dan mata, jadi wajar jika hidung kita sakit dan mata kita juga sakit.

Penyebaran kuman dengan orang lain biasanya dengan bersalaman, Untuk itu kita harus menyiapkan Antis (Anti septik pengilang kuman) jadi anda bisa menyemprotkan pada telapak tangan setelah bersalaman, Ingya Allah kita akan selalu sehat.

25. Menyegarkan Kulit 

Kebiasaan berwudhu akan memberikan efek baik pada kulit, seperti kulit wajah, tangan, kaki, dan sebagainya.

26. Melembutkan Kulit

Pada dasarnya air untuk mengencangkan kulit, membersihkan kulit dan melembutkan kulit. Untuk para pekerja kasar, agak sulit untuk memiliki kulit yang lembut sekalipun rajin mencuci, setidaknya kulit jangan sampai kusam.

27. Percaya diri 

Sehabis cuci tangan aku percaya kamu hendak merasa lebih aman serta yakin diri sebab bakteri serta kuman pada tangan kamu telah lenyap. Kamu hendak yakin diri memegang Balita serta anak kecil dekameter kamu pula yakin diri kala berjalan dengan pendamping kamu ataupun Istri kamu. 

28. Menyegarkan Otak

Sekian lama kita bekerja dan sibuk mondar mandir kesana kemari diperlukanlah rehat sejenak untuk beristirahat agar otak kita tidak terlalu sibuk memikirkan pekerjaan. Untuk menyegarkan otak caranya sangat simpel dan mudah  yaitu cuci atau basuh kepala sobat dengan air dingin, boleh juga dengan melakukan keramas. Minimal membasuh kepala 5 kali dalam sehari.

29. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah meningkat dipicu oleh tingkat emosional yang tinggi. Contoh marah, kesel, nangis dan sebagainya. Tekanan darah ini bisa meningkat sampai dengan 140 dan ini sangat berbahaya unuk kesehatan sobat. Cara menurunkan tekanan darah sangat mudah dengan mencuci kepala menggunakan air dingin lakukan 5 kali dalam sehari ingsya Allah tekanan darah sobat akan normal kembali.

30. Melancarkan Peredaran Darah

Dengan membiasakan mencuci kepala 5 kali dalam sehari peredaran dari dari kepala ke anggota tuh lainnya akan menjadi lancar. Sobat bisa merasakan kepala sangat ringan dan semakin mudah untuk berpikir. 

31. Mengurangi Stres

Penyebab Stres adalah :
  1. Pekerjaan yang menumpuk
  2. Patah Hati
  3. Anak rewel dan sakit-sakitan
  4. Tidak punya uang
  5. Banyak hutang

Cara mengurangi Stres sangat mudah dengan mencuci kepala menggunakan air dingin lakukan 5 kali dalam sehari ingsya Allah stres sobat bisa berkurang bahkan stresnya bisa hilang. 

32. Menyetabilkan Emosi

Emosi yang memuncak bisa membuat bahaya untuk diri sobat dan keluarga, karena bisa memukul, membanting bahkan menendang orang lain. Emosi yang memuncak diakibatkan banyak masalah yang belum terselesaikan biasanya berkaitan dengan keluarga yang kurang harmonis. Salah satu penyebabnya adalah perselingkuhan, anak susah diatur, dan lain sebaginya.

Cara Supaya emosi sobat setabil dengan membasuh kepala 5 kali dalam sehari ditambah bersitigfar 100 kali Ingsya Allah emosi sobat akan setabil dan normal kembali.

33. Menyetabilkan Detak Jantung

Emosi yang berlebihan akan membuat detak jantung meningkat dan ini berbahay untuk kesehatan sobat, bisa saja gagal jantung karena marah yang berlebihan. Gagal jantung merupakan pendetakan jantung yang kencang terjadi penyumbatan secara mendadak dan akhirnya  orang tersebut bisa meninggal dinia pada saat itu juga. 

Cara Menyetabilkan Detak Jantung dengan membasuh kepada menggunakan air dingin 5 kali dalam sehari maksimalnya boleh 10 kali dalam sehari itu lebih baik, ditambah beristigfar 100 kali sambil mengusap jantung sobat Ingysa Allah sobat akan sehat kembali.

34. Bepikir Semakin Mudah

Untuk sobat yang sering membasuh kepala secara rutin akan membuat : 
  1. Otak Fresh
  2. berpikir semudah membalikan telapak tangan
  3. Ide selalu bermunculan
  4. Berbicara selalu terkontrol
  5. Ngobrol dengan orang lain selalu nyambung
  6. Tersenyum lebar

35. Menghilangkan Kotoran Telinga

Memasuh telinga sudah pasti dapat menghilangkan kotoran yang ada di telinga kita.Kotorannya berupa minyak telinga dan upil telinga. 

36. Mempertajam Pendengaran

Dengan seringnya membilas kuping, kotoran lenyap hasilnya pedengaran kita hendak terus menjadi tajam sebab di dalam kuping tidak terdapat yang membatasi suara. Terpanggil oleh oarng tua dengan jarak yang jauh serta suara yang pelanpun dapat terdengar dengan baik.

37. Melembabkan Kulit Telinga

Makin sering telinga dibasuh akan semain bagus kualitas telinga kita. Kelembaban telingapun bisa  dirasakan setiap harin. Lembab dapat diartikan secara eksplisit mengandung air jadi telinga kita tidak masalah jia tersinari matahari yang panas.

38. Menyegarkan Kulit Telinga

Hasil penelitian saya membuktikan bahawa telinga yang sering dibasuh memberikan efek yang baik untuk kesehatan, telinga terasa dingin dan menyegarkan. Lakukan pembersihan telinga 5 kali dalam sehari supaya sehat dan menyegarkan.

39. Percaya Diri (Telinga Sehat)

Kuping yang sehat hendak menjadikan kita lebih yakin diri berteman dengan siapapun. Kuping bersih hendak menjadikan hati pula bersih serta pikiranpun tenang. Sebetulnya kebersiahan itu sebagian dari iman, kita sehat kita pula hendak merasakan kesehatan tersebut.

40. Menghilangkan Kuman dan Bakteri Kaki

Mencuci kaki sangat-sangat dianjurkan oleh Dokter kenapa demikian, karena kaki merupakan indra peraba yang selalu bersentuhan dengan apapun. Benda yang selalu banyak kuman dan bakteri adalah kotoran hewan.

Cara paling tepat menghilangkan kuman dan bakteri pada kaki kita adalah sebagai berikut :
  1. Ambil sambun yang baik yang menyehatkan tubuh.
  2. Air yang digunakan harus air yang mengalir menggunakan keran Basuh telapak kaki secara merata kemudian ambil sabun cair dan gosok gosok secara perlahan pada telapak kaki, punggung kaki dan jari-jari kaki;
  3. Bilas dengan air secara merata;
  4. keringkan dengan handuk yang bersih.

Mencuci kaki paling baik lakukan 3 sampai dengan 5 kali sehari setiap mau makan dan setelah beraktifitas Ingya Allah hidup kita selalu sehat, Amin. Dalam hadist Nabi Muhammad SAW berbunyi,

41. Mengurangi penyebaran penyakit

Dengan rajin mandi, gosok gigi dan juga berwudhu sudah pasti mengurangi penyebaran penyakit kepada orang yang berada didekat kita, misalkan istri atau suami, dan juga anak.

Jika tertimpa sakit segeralah hubungi dokter atau matri terdekat agar bisa segera diobati.

42. Menyegarkan Kulit 

Kebiasaan mencuci kaki harus dilaksanakan 3 sampai 5 kali setiap hari akan menimbulkan efek baik buat kulit kita yaitu kulit akan segar dan cantik. Kesegaran kulit akan membuat pikiran kita juga segar dan Regenerasi sel dalam kulit akan cepat karena kulit mendapatkan Oksigen yang sempurna setiap harinya.

43. Melembutkan Kulit

Mencuci kaki akan membuat kulit anda lembut dan kencang silahkan buktikan sendiri. Air bisa melembabkan dan menyehatkan pada kulit, kelembutan kulit merupakan dambaan setiap orang kamu akan merasa lebih baik dan lebih sehat.

44. Percaya diri (Kaki Sehat)

Setelah melakukan kebiasaan mencuci kaki saya yakin anda akan merasa lebih nyaman dan percaya diri karena kuman dan bakteri pada kaki anda sudah hilang. Anda akan percaya diri bertemu dengan kekasih hati.

45. Wajah Menjadi Cerah

Semakin sering berwudhu semakin terlihat bahwa cahaya wudhu bersinar seperti cahaya matahari pada wajah anda, sekalipun wajah orang tersebut gelap, tapi cahaya tersebut bersinar sampai kelangit. Orang yang meninggal memiliki wudhu, maka ia akan masuk surga dikarenakan ia memeiliki kesucian yang abadi.

Kesimpulan

Berwudhu memiliki segudang manfaat, jadi mulailah rajin berwudhu untuk kesehatan anda dan untuk mendekatkan diri kepada Allah. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel