Inilah 16 Penyebab Blog Sepi Pengunjung dan Cara Mengatasinya

Lingkarcara.com - Memiliki blog yang sepi pengunjung merupakan hal yang sangat menjengkelkan dan menyedihkan, sudah berjuang mati-matian membuat artikel yang bagus berharap berada di halaman pertama google, tapi ternyata seperti tiada arti apa-apa. Tenang kawanku memiliki blog tentunya tidak akan langsung ramai, logikanya seperti toko yang masih baru sepi pengunjung. 

Kuncinya adalah sabar dan terus berjuang untuk mencapai cita-cita yang selama ini ada dalam hati. Ingat sabar bukan berarti diam, sabar itu selalu berjuang dan berusaha agar blog yang kamu kelola bisa sedikit demi sedikit mendatangkan visitor.



Semua para blogger juga sama pasti mengalami keterpurukan, tapi mereka bangkit dan terus berkarya berharap 1 sampai 10 pengunjung yang mampir pada situs blognya. Cepat atau lambat pasti akan datang pada waktunya kesuksesan dan keberhasilan anda.

Penulis akan Memaparkan Penyebab Blog Sepi Pengunjung dan Cara Mengatasinya, berikut ini penjelasannya :


1. Blog Masih Baru

Blog yang masih baru sangat mungkin sepi pengunjung, alasannya karena belum ada yang mengenal blog tersebut. Seiring dengan berjalannya waktu blog kamu pasti banyak yang mengenal utamakan konsisten berkarya setiap hari jangan sampai menyerah.

Cara Mengatasinya :

Promosikan blog kamu kepada keluarga, teman, sahabat, media sosial, situs PPC, PTC dan sebagainya. Dengan cara ini membantu orang lain mengenal blog anda dan pastinya jika artikel yang disajikan bagus mereka akan kembali lagi esok harinya.


2. Blog Lebih dari Satu

Banyak blog tidak bagus untuk kesehatan blog kamu. Jika kamu memiliki 3 blog maka kamu harus membuat 3 artikel setiap hari agar blog tersebut memiliki performa yang bagus. 

Poligami blog tidak bagus, kamu jadi tidak fokus memelihara blog tersebut.

Agar blog banyak pengunjung fokus pada satu blog, pelihara, sayangi, dan kasih kemesraan seolah-olah blog kamu adalah pasangan hidupmu.

3. Memilih Tema Tidak Populer

Memilih tema sangat penting baik yang populer maupun yang tidak populer. Memilih tema yang populer itu seperti apa sih? Tema yang waw yang banyak dicari oleh orang lain. 

Memilih tema apapun tidak salah silahkan lanjutkan, yang tidak relevan berpindah-pindah tema. Misalkan begini dari jumlah artikel yang sudah kamu buat hanya mewakili beberapa tema, kesehatan 5 artikel, tutorial blog 5 artikel, tutorial adsense 5 artikel, dan tema yang lain pun sama. 

Cara Mengatasinya 

1. Fokus pada satu tema, misalkan tentang bisnis. Kamu harus membuat artikel tentang bisnis. 

2. Boleh dengan Tema Gado-gado

Tema blog yang gado-gado justru sangat diuntungkan karena artikel yang akan kita terbitkan jumlahnya tidak terbatas. Langkah yang harus kamu tempu buat artikel yang anda pahami sebanyak-banyaknya.

Abaikan tema populer atau tidak populer, sesungguhnya yang tidak populerpun akan menjadi populer jika artikelnya dikemas dalam balutan cinta dan kasih sayang, 

4. Konten Artikel Tidak SEO

Masih banyak para blogger yang tidak memahami tentang Konten artikel SEO. 

Konten artikel SEO itu seperti apa sih?

Konten yang memiliki jumlah kata minimal 5.00 kata, maksimalnya terserah anda, bisa 1.000 kata bahkan 2.000 kata.

Untuk membuktikannya silahkan anda cari artikel di halaman pertama google, kemudian copy dan paste di situs wordcounter360.com lihat berapa jumlah katanya.

Agar anda bisa memahami tentang konten artikel SEO baca : Cara Menulis Artikel SEO.

Jika anda masih tidak paham dengan artikel SEO, abaikan saja yang harus anda lakukan adalah fokus untuk terus membuat artikel minimal 500 kata.

5. Konten Blog Hasil Copy Paste

Konten artikel hasil copy paste tidak bagus untuk blog anda. Google tidak suka dengan konten artikel milik orang lain, sebagus apapun situs blog anda lama-lama akan ketahuan oleh google, dampaknya adalah google bisa menghapus situs blog anda.

Hindari copas, buat artikel yang original hasil pemahaman anda sendiri. Boleh re-write atau menulis ulang artikel orang lain dengan cara mengambil poin-poin pentinya, kalau bisa tambahkan dengan poin baru agar artikel semakin dalam dan panjang.

6. Konten Artikel Tidak Rapi/Berantakan

Konten artikel blog tidak rapi atau berantakan sangat berpengaruh pada visitor blog kamu. Pengunjung jadi tidak betah lama-lama tinggal di blog yang berantakan, esok harinya saya yakin tidak akan pernah kembali lagi.

Segera perbaiki blog anda sekarang juga, mulai dari struktur katanya, paragrafnya dan sebagainya. salah satu contoh blog yang rapi adalah lingkarcara.com.

7. Tidak Konsisten Membuat Artikel

Menulis artikel tidak mudah apalagi menulis artikel yang berkualitas yang disukai oleh pengunjung dan mesin pencari google. 

Banyak diantara para blogger yang kesulitan dalam membuat artikel setiap hari. Masalahnya adalah kehabisan ide untuk menulis, ini menjadi faktor sepinya pengunjung blog anda. 


Seperti halnya situs berita mereka bisa memiliki visitor yang banyak karena selalu update artikel setiap hari.

Cara agar anda bisa menulis artiel setiap hari adalah membuat jadwal menulis artikel. Saya sudah biasa menulis artikel sore dan malam hari untuk diterbitkan esok hari. 

Menulis artikel yang mudah setelah shalat subuh, pikiran masih fresh jadi belum terbentur oleh banyak masalah, jadi artikel pun cepat selesainya. 

8. Judul Artikel dan Konten Tidak Sesuai

Saya pernah menemukan artikel seperti itu, judul dan konten tidak seirama, efeknya adalah pengunjung merasa kecewa dan dibohongi. 

Saya pernah menemukan artikel yang membahaas topik tertentu mimiliki 10 poin penting, dari 10 poin tersebut yang di bahas hanya 7, 3 poin lagi hilang entah kemana.

Kekecewaan pengunjung akan berdampak buruk untuk blog anda, pengunjung akan pergi untuk selama-lamanya. 

Cara mengatasinya sangat simpel sesuaikan judul blog anda dengan konten anda. Jika anda ingin memberikan kepuasan kepada pengunjung buatkan artikel yang panjang dan mendalam. Caranya sangat mudah anda cari satu artikel kemudian klik 3 situs teratas ambil poin pentingnya dan buat artikel sesuai dengan pemahaman dan pengalaman anda.

Jika dalam satu artikel terdapat 10 poin pembahasan, anda bisa menulis setiap poin 100 kata jadi bisa ditotalkan menjadi 1.000 kata dalam satu artikel.

9. Template Blog Tidak SEO

Template yang anda gunakan mungkin tidak SEO karena menggunakan template yang gratis. Template sangat berperan penting agar artikel anda cepat berada di mesin pencari google, mudah ditemukan dan bisa berada di halaman pertama google.

Cara mengatasinya mudah banget ganti template anda menggunakan template premium dengan harga yang murah dan terjangkau blog anda akan menjadi SEO.

Seperti blog yang saya gunakan ini menggunakan template premium VioMag v.2.2 karya mas Sugeng harga 150.000, dan kabar terbaiknya mas Sugeng sudah mengupdate template VioMag versi terbarunya. Kunjungi sugeng.id

Untuk membuktikan apakah blog anda SEO atau tidak anda bisa menggunakan 6 Cara Cek Seo Blog.

10. Blog Tidak di Promosikan

Wajar jika blog anda sepi pengunjung karena anda cuek terhadap blog sendiri. Setelah anda menerbitkan artikel anda berharap akana ada pengunjung dari mesin pencari google. Memang itu tidak salah, jika artikel anda bagus bisa mendatangkan visistor dari mesin pencari.

Menulis artikel penting dan mempromosikan artikel juga penting. Langkah yang harus anda lakukan adalah dengan mempromosikan link artikel anda di media sosial facebook, twitter, Intagram, dan youtube. 

Mempromosikan blog ada tiga hal penting, pertama Judul Artikelnya, kedua link artikelnya dan ketiga konten artikelnya. Ketiga hal tersebut sangat penting, orang biasanya melihat judul artikelnya, kemudian link artikelnya (Nama domain situs) dan ketiga konten artikelnya.

Bagimana mempromosikan blog yang benar? 

Baca : Tekhnik Mempromosikan Konten Supaya Mendapatkan Ledakan Pengunjung

11. Link Artikel Tidak didaftarkan Ke Google Webmaster Tools

Google webmaster tools merupakan tools agar blog anda masuk mesin pencari google. Setelah anda menerbitkan artikel kemudian anda meninggalkan blog begitu saja, pantas blog anda sepi pengunjung.

Para blogger yang sudah seniorpun selalu mendaftarkan link blognya di google webmaster tools. Agar blognya sepat terindek di mesin pencari google.

12. Loading Blog Lambat

Penyebab blog lambat :

  1. Template blog gratisan yang tidak SEO
  2. Banyak gambar yang ukurannya besar (500 kb - 1 mb)
  3. Upload video langsung di blog
  4. Terlalu banyak iklan

Cara mengatasinya sangat mudah :

  1. Beli template premium
  2. Kompres gambar menjadi ukuran kecil
  3. Upload video di Youtube, ambil kode embednya dan simpan di blog.
  4. Jangan terlalu banyak iklan (Maksimal 7 Iklan)

Bisa anda raskan kecepatan blog saya ini sangat cepat bukan.


13. Terlalu Banyak Iklan

Setelah sukses mendapatkan akun google adsense, tentunya anda akan memasang iklan adsense yang banyak agar mendapatkan penghasilan yang besar.

Pemasangan iklan adsense yang berlebihan akan membuat loading blog lambat dan tidak disukai oleh pengunjung. Saya sering menemukan blog yang memasang iklan adsense melayang kiri, kanan dan ditengah, wah pokonya iklannya banyak. Jujur saja saya tidak suka dengan blog tersebut, karena menghalangi konten.

Baca : 8 Cara Agar Akun Adsense Cepat disetujui

Cara Mengatasinya :

Gunakan maksimal 7 iklan adsense dan tidak ada yang melayang. Contohnya lingkarcara.com

Semakin sedikit iklan adsense semakin nyaman untuk pengunjung.

14. Tidak Menyediakan Bonus

Banyak para blogger yang tidak menyediakan bonus. Seperti template gratis, script website gratis dan mendapatkan pulsa secara gratis. 

Bisa saya katakan dari 1000 blog yang ada hanya 10 blog yang memberikan bonus kepada pengunjung. 

Cara ini sangat bagus untuk blog yang masih baru, supaya mendongkrak pengunjung, lakukan pemberian bonus 3 bulan sekali agar pengunjung betah berlama-lama di situs blog anda.

Bonus yang bisa anda berikan :

  1. Template premium
  2. Script website
  3. Pulsa
  4. Kaos (Ada nama domain anda)
  5. Buat kontes Artikel SEO berhadiah 5 juta, nanti artikelnya bisa menjadi milik anda.

15. Situs Blog dibokir Oleh Robot txt

Robot txt merupakan robot yang mengendalikan blog anda. Pengaturan dasarnya melarang blog ditelusuri dimesin pencari google. 

Anda bisa merubah kata di dalam kotak robot txt dan menggantinya dengan yang ramah mesin pencari.

Anda bisa melihatnya di video bagian akhir




16. Menggunakan Domain Gratisan

Domain gratisan adalah domain yang disediakan oleh blogger dan wordpress. Domain gratisan memiliki karakter  yang panjang sulit untuk dihapal.

Domain gratisan bisa bersaing dimesin pencari google, tapi kurang begitu bagus karena pengunjung zaman now sudah tahu bahwa blogspot merupakan domain gratis. 

Mulai hari ini ubah domain gratis anda menjadi domain Top Level Domain, seperti dot com, net, id dan sebagainya. Saran saya gunakan nama domain yang menjual, pendek dan dot com. Bacar tutorialnya no 2 bagian a.

Kesimpulan

Mendapatkan pengunjung banyak merupakan hal yang sangat sulit bagi para blogger. Anda bisa mendapatkan pengunjung banyak dengan membiasakan menulis artikel yang original setiap hari. 

0 Response to "Inilah 16 Penyebab Blog Sepi Pengunjung dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel