Cara Khatam Baca Al-quran dalam 30 Hari

Lingkarcara.com - Membaca Al-qur'an hukumnya sunah, jika dilaksanakan mendapatkan pahala dan jika ditinggalkan tidak mendapatkan pahala dan dosa. Keuntungan membaca qur'an akan mendapatkan pahala setiap hurup, jadi jika anda membaca qur'an 100 hurup anda akan mendapatkan pahala 1000 kebaikan, karena 1 hurup akan mendapatkan 10 kebaikan.

Membiasakan membaca qur'an setiap hari sangat sulit, karena terhalang dengan godaan syetan, malas, dan kesibukan, untuk itu anda jangan malas, harus dilawan tuh gangguan syetan dengan cara rajin berwudhu dan shalat lima waktu. 

Membaca Al-qur'an merupakan salah satu cara mendekatkan diri kepada Allah Subhanahuwata'ala, al-qur'an kalamullah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw, jadi sangat cocok jika ada ingin berkomunikasi dengan Allah SWT dengan membaca Al-qur'an.

Cara Khatam Baca Al-quran dalam 30 Hari

Berikut ini Cara Agar Bisa Khatam Qur'an Dalam 30 Hari 

1. Janji Kepada Diri Sendiri

Janji merupakan ikrar bahwa anda akan membaca Al-qur'an setiap hari tanpa satu haripun bolos. Janji ini tidak usaha anda publikasikan kepada teman, sahabat, ayah, ibu dan yang lainnya, cukup anda dan Allah saja yang tahu.

Jika anda sudah berjanji kemudian anda bolos, maka anda akan merasa bersalah, untuk itu anda bisa menambalnya menjadi doble baca qur'an. Jika dalam satu hari anda sudah biasa membaca al-quran 1 juz, maka anda haru membaca Al-qur'an 2 juz mengganti hari kemarin 1 juz.


2. Istoqomah Membaca Alqur'an

Allah menyukai terhadap orang yang istiqomah atau menetapkan kebiasaan setiap hari. Kebiasaan membaca Al-qur'an 1 juz setiap hari akan lebih dicintai oleh Allah SWT.

Membiasakan untuk beristiqomah memang sangat sulit, karena terkadang terkendala dengan kesibukan, tapi yakinlah jika anda sudah terbiasa tidak akan pernah lupa.

3. Cicil Bacaan Al-qur'an

Agar target membaca Al-qur'an anda bisa tercapai, anda bisa melakukannya dengan mencicil bacaan Al-qur'an, pagi hari anda mmebaca 3 halaman Al-qur'an, siangnya 3 halaman dan sore atau malam juga 3 halaman Al-qur'an, tercapaikan 1 juz Al-qur'an sama dengan 9 lembar halaman Al-qur'an.

Metoda membaca Al-qur'an seperti itu merupakan cara terbaik agar anda tidak merasa berat. Semua orang juga pasti bisa melakukannya.


4. Buatkan Jadwal Membaca Al-qur'an

Membuat jadwal membaca Al-qur'an merupakan cara agar anda memiliki waktu khusus, misalkan setelah shalat tahajud dan setelah shalat magrib. 

Dengan dibuatkan jadwal mmembaca Al-qur'an saya yakin anda akan langsung mengingatnya setiap hari, karena waktu tersebut akan memanggil pada hati dan pikiran anda.

5. Baca Al-qur'an Selagi Waktu Luang

Pekerjaan biasanya menjadi hambatan dan kendala dalam membaca Al-qur'an, untuk itu jika ada waku sekalipun hanya 5 menit gunakan untuk membaca Al-qur'an, agar anda bisa membaca Al-qur'an 1 juz setiap hari.

Di zaman serba canggih ini saya yakin pada smartphone anda sudah terinstal aplikasi Al-qur'an agar anda bisa membaca Al-qur'an di manapun dan kapanpun.

Kesimpulan

Membiasakan membaca Al-qur'an setiap hari tidak mudah, tapi harus anda yakini bahwa membaca Al-qur'an setiap orang juga bisa dan mampu asalkan anda memiliki tekad dan niat yang kuat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel