Kelebihan dan Kekurangan Domain TLD (Top Level Domain)

Lingkarcara.comMemiliki domain TLD (Top Level Domain) sangat mudah syaratnya anda harus memiliki uang, saya yakin anda punya banyak uang, ayo segera membeli domain TLD sekarang juga agar blog anda lebih profesional.

Jika anda ingin memberli domain TLD tapi belum memiliki uang, tentunya anda harus menabung dulu agar bisa membeli domain yang anda inginkan.

Domain yang saya inginkan domain yang berakhiran dot com, karena memiliki nilai jual yang sangat tinggi dibandingkan dengan domain lainnya.

Saran saya jika anda belum membeli domain, belilah domain dot com karena nama domain tersebut akan mudah dihapalkan dan mudah besaing di mesin pencari google.

Harga domain paling murah Rp 15.000 sampai dengan Rp 700.000, domain dot com harganya murah Rp 125.000 pertahun.

Kelebihan dan Kekurangan Domain TLD (Top Level Domain)

Kelebihan Domain TLD (Top Level Domain)

1. Terlihat Profesional

Situs blog yang menggunakan domain TLD akan terlihat profesional, karena domain yang digunakan berbayar dan tidak panjang. Orang akan lebih percaya dengan situs yang menggunakan domain TLD dari pada menggunakan situs blog yang gratisan.

2. Lebih Mudah Mendapatkan Pengunjung

Berbayar dengan yang gratisan tentu saja memiliki perbedaan yang signifikan alasannya tentu saja dilihat dari domain yang digunakan. Domain yang berbayar akan diutamakan oleh mesinpencari google dan pengunjung. 

Saya pernah mencari artikel di mesin pencari google, ternyata yang keluar domain TLD dan domain blogspot. Tentu saja saya lebih mempercayai domain TLD dari pada domain gratisan seperti blogspot. 

Singkat kata domain TLD akan lebih diunggulkan dari pada domain gratisan seperti blogspot dan wordpress sekalipun dari segi kualitas artikel domain gratisan lebih unggul, tetap saja yang akan mendapatkan banyak pengunjung domain TLD.

3. URL Menjadi Pendek

Sangat jelas, jika anda merubah dari domain www.lingkarcara.blogspot.com menjadi www.lingkarcara.com, url tersebut berubah menjadi pendek dan mudah untuk dihapalkan.

Perubahan nama domain tersebut sangat drastis, siapa yang tidak terpincit dengan nama domain dot com, semua orang pasti ingin memeiliki nama domain berakhiran dot com.

4. Mudah Dihapalkan

Domain TLD sangat mudah untuk dihapalkan, tapi tidak semua mudah dihapalkan, karena ada beberapa domain TLD yang sulit dihapalkan bahkan malas untuk menghapalkannya.

Domain TLD yang Mudah untuk dihapal :
Saya contohkan menggunakan domain lingkarcara

  1. Lingkarcara.com
  2. Lingkarcara.id
  3. Lingkarcara.co.id
  4. Lingkarcara.net
  5. Lingkarcara.asia
  6. Lingkarcara.club
  7. Lingkarcara.online

Domain yang Sulit dihapal :

  1. Lingkarcara.design
  2. Lingkarcara.link
  3. Lingarcara.ink
  4. Lingkarcara.wiki
  5. Lingkarcara.xyz

Saya katakan sulit untuk dihapal karena jarang yang menggunakan domain tersebut, saking jarangnya anda akan lupa domain tersebut, kecuali anda mencacatnya.

Domain yang sangat mudah dihapal dan paling banyak digunakan di seluruh dunia adalah domain dot com.

5. Bisa Memilih Nama Domain

Nama domain TLD masih banyak yang belum dipakai oleh orang lain, karena domain TLD harus beli kan, jadi orang biasanya cenderung lebih menggunakan domain gratisan.

Cara agar anda bisa menggunakan domain dot com gunakan nama anda sendiri biasanya jarang ada yang memakai, contoh jika nama anda omi, anda bisa menggunakan nama tersebut menjadi nama situs blog anda menjadi www.masomi.com atau www.omi.com.

6. Bisa Mendapatkan Akun Adsense Full Approve

Dengan menggunakan Domain TLD anda bisa mendaftarkan situs blog ke google adsense full approve. Berbeda jika anda menggunakan domain gratisan tidak full approve, karena jika anda mengugrade menjadi adsense non hosted harus merubahnya menjadi domain TLD.

Harga iklan adsense akan mahal jika menggunakan domain yang berbayar, seperti dot com. id, online dan sebagainya.

Baca Juga Cara Agar Akun Adsense Full Approve 100%

7. Harga Murah

Harga domain TLD paling murah Rp 15.000 untuk domain dot xyz dan paling mahal Rp 705.000 untuk domain dot design. Harga tersebut di ambil dari situs rumahweb.com.

Saran saya anda harus membeli domain dot com, harganya Rp 125.000 pertahun dan perpanjangannya juga dengan arga yang sama.

8. Dipercaya Oleh Pengunjung

Sudah saya singgung di atas bahwa pengunjung akan lebih percaya dengan domain berbayar dari pada yang gratisan. Bisa anda lihat bahwa situs nomer satu sampai dengan sepuluh dunia merupakan situs yang menggunakan domain TLD. Belum ada rasanya domain blogspot dan wordpress yang bisa menduduki 50 besar dunia, silahkan cek sendiri.

9. Bisa Bersaing di Halaman Pencarian

Domain TLD bisa bersaing dimesin pencari google, yahoo dan mesin pencari lainnya, domain TLD akan lebih diutamakan daripada yang gratisan.

Sehebat apapun domain blogspot dan wordpress bersaing di mesin pencari google lama-lama akan lelah dan jatuh juga, google akan memberikan ruang yang sangat istimewa kepada domain berbayar.

Kelemahan Domain TLD :

1. Trafik Akan Turun

Blogger yang sudah mendapatkan trafik banyak misalkan 1000 visitor setiap hari akan mendapatkan trafik yang turun jika anda mengganti domain dari blogspot ke domain TLD seperti dot com.

Setelah anda mengganti domain anda harus mendaftarkan ulang link blog anda ke google webmaster tools agar pengunjung anda kembali normal.

Turunnya Trafik atau pengunjung bersifat sementara dalam waktu dua bulan situs blog anda akan normal kembali.

2. Harus Bayar Tahunan

Tidak bsia dipungkiri bahwa anda harus membayar biaya sewa domain setiap tahun, anda harus menyiapkan dana setiap tahun Rp 125.000 untuk domain dot com. 

Saya yakin anda akan segera memperpanjang jika situs blog anda sudah memiliki pengunjung yang banyak dan sudah mendapatkan penghasilan jutaan rupiah setiap bulannya.

Bukan masalah besar untuk anda yang sudah memiliki pendapatan setiap bulan, tapi untuk anda yang belum mendapatan uang setiap bulan tentunya agak berat mengeluarkan uang 125.000. 

Kesimpulan

Segera ganti domain gratisan anda menjadi domain yang berbayar atau TLD agar blog anda mendapatkan pengunjung yang banyak sesuai dengan harapan dan cita-cita kita semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel