6 Kewajiban Suami Kepada Istri dan Keluarganya

Lingkacara.com - Di dalam rumah tangga ada yang namanya hak dan kewajiban. Kewajiban suami dan kewajiban istri sangat berbeda dan memilki kriterianya masing-masing. Sebelum menikah dianjurkan memahami hak dan kewajiban agar jika sudah menikah menjadi mudah dan sudah paham tentang hak dan kewajiban tersebut.

Pada kesempatan kali ini saya akn membahas kewajiban suami terhadap istri dan kewajiban istri kepada suami. Suami merupakan kepala keluarga yang wajib dihormati dan dilaksanakan perintahnya. Kedudukan suami ditempat kerja sangat berbeda kedudukannya dalam rumah tangga. 

Contoh real di dunia nyata : 
Istrinya memiliki perusahaan besar bahkan ia dipercaya menjadi manager, sementara suaminya bekerja kuli bangunan. Kedudukan istri lebih tinggi dibandingan dengan suaminya, tapi dalam berkeluarga tetap suami yang menjadi raja dan manager rumah tangga, sementara istri sebagai mentri keuangan yang mengatur dan mengelola uang keluarga.

Jika istri tidak menyadari hak dan kewajiban dalam rumah tangga sudah pasti ia tidak mau menjadi bawahan suaminya, ia ingin dipuja dan disanjung bahwa ia punya segalanya hasil bekerja menjadi manager. Cerita ini sudah biasa anda saksikan di sinetron yang setiap hari tayang di televisi swasta.

Kewajiban Suami Kepada Istri dan Keluarganya

6 Kewajiban Suami Kepada Istri dan Keluarganya

1. Memberikan Nafkah

a. Nafkah Lahir

Nafkah lahir atau memberikan uang yang sudah disepakati bersama. Biasanya sebelum menikah ada komitmen ingin dikasih uang 300 ribu misalkan. Jika sudah sepakat maka hukum memberikan uang 300ribu kepada Istri wajib. 

Bagaimana jika tidak punya uang?

Bicaralah dengan istri anda semuanya pasti akan ada jalan keluarnya, jika istri anda solehah maka ia akan bilang "berapapun uang yang abang akan berikan saya akan menerimanya"

Selain memberikan uang jajan kepada Istri, suami harus memberikan uang untuk belanja kebutuhan di dapur, seperti beli beras, lauk pauk, telor dan sebaginya. Istri yang baik tentunya akan berbelanja sesuai dengan kebutuhan dan akan bijak mengatur uang belanja setiap hari, Jika ada uang sisa akan langsung ditabung untuk masa depan.

b. Nafkah Batin

Suami wajib memberikan nafkah batin berupa hubungan intim atau jima, suami harus memberikan kepuasan agar istri betah di rumah dengan berbagai cara, misalkan konsultasi ke dokter agar lebih perkasa.

Perlu anda ketahui bahwa setiap perempuan memilki syahwat yang berbeda-beda. Ada yang ingin puas setiap melakukan jima, ada juga yang biasa-biasa terserah suami, jika suami cepat keluar juga tidak marah. 

Selain dengan jima, anda juga bisa membahagiakan istri dengan cara bercanda dan tertawa. Tertawa itu bagus lho agar awet muda dan tidak cepat tua.
2. Memberikan Ilmu

Memberikan ilmu kepada istri dan keluarga hukumnya wajib bagi suami. Jika anda tidak mampu maka perintahkan istri dan anak anda mengaji pada ustadz yang ada di lingkungan rumah anda sebagai tanda bahwa anda bertanggungjawab dan supaya kewajiban anda gugur.

Seorang suami itu berat, berat mempertanggung jawabkan istri dan anak di hadapan Allah SWT, Jika suami tidak pernah memberikan ilmu dan menyuruh kebaikan pada istri dan anaknya maka ia akan masuk neraka, karena tidak bisa menjaga istri dan anaknya selama hidup di dunia.

3. Membereskan Rumah

Membereskan rumah dan isinya adalah kewajiban suami. Begitu berat yah tugas suami, terkadang istri tidak paham dengan tugas dan kewajiban suami.

Suami yang baik akan membereskan tugas itu penuh dengan cinta kasih, masya Allah begitu baik yah mungkin 1001 suami yang bisa melakukan tugas ini.

4. Memasak

Disela-sela kesibukan suami bekerja masih sempat memasak untuk istri dan anaknya, luar biasa hebat kau merupakan pahlawan keluarga.

Wahai para istri hargai suamimu yang rajin bekerja dan rajin memasak, ia sangat mencitai kalian semua.

Di jaman sekarang ini sudah banyak laki-laki yang menjadi chef, jadi carilah suami yang pintar memasak.
5. Menjaga Aib Istri dan Keluarga

Suami harus menjaga rahasia istri dimanapun dan kapanpun, jika ingin bercerita berikan cerita yang positif agar harkat dan derajat istri naik di depan teman anda.

Semua orang punya kesalahan dan kebiasaan yang buruk termasuk saya, maka dari itu mari kita jaga aib istri kita agar aib kita dijaga oleh Allah Subhanau wata'ala di duni dan di akhirat.

6. Ajak Kepada Keta'atan

Suami wajib mengajak kepada keta'atan berupa mengajak sholat, puasa, sedekah dan sebagainya. Saling mengingatkan merupakan cara agar kita selalu ada dalam kasih sayang Allah.

Niatkan dalam hati agar selalu melakukan kebaikan walaupun tidak besar, seperti mengambil sampah dan membuang pada tempatnya.

7. Mengingatkan Istri Ketika Salah

Saling mengingatkan itu wajib. Istri yang melakukan kesalahan harus dibimbing diajak kepada keta'atan, kasih dai pemahaman bahwa hal tersebut salah dan ini dosanya.

Contoh nyata, ada istri yang tidak menutup aurat, maka seorang suami wajib mengingatkannya, ini bajunya, ini hijabnya tolong kamu pake bahwa menutup aurat itu wajib, jika tidak maka kamu akan mendapatkan dosa.

Jika istri tetap ngeyel tidak mau memakainya, biarkan saja itu dosa dia, biarkan dia sendiri yang menanggung dosanya. 

Jika suami merasa malu dengan tingkah laku istri tersebut serahkan kepada keluarganya atau dalam bahasa singkatnya ceraikan, cari aja yang baru yang mau melaksanakan perintah Allah dan perintah suami.

Kewajiban Istri Kepada Suami

1. Patuh dan Ta'at

Kewajiban Istri kepada suami tidak banyak, tapi bisa mewakili kewajiban suami pada istri. Patuh harus ta'at tidak boleh membantah sedikitpun. 

Cara supaya istri melaksanakan tugas kita dengan berdiskusi dan memberikan tugas setiap hari agar tugas rumah bisa terlaksana dengan baik. 

Wahai sayangku ini tugas dan perintahku kepadamu selama engkau menjadi istriku :
  1. Memasak
  2. Mencuci Baju
  3. Membereskan Rumah

Maka hukum melaksanakn tugas itu menjadi kewajiban istri, luar biasa hebat yah islam, tidak memberatkan satu sama lain, melainkan saling mengerjakan tugas.

Tugas berat suami mencari uang.


2. Menjaga Aib Suami

Istri wajib menjaga Aib atau kejelekan suami kapanpun dan dimanapun. Jaga lisanmu agar tidak salah berkata, lebih baik diam saja.

Di jaman sekarang ini banyak sekali perempuan yang menyebarkan kejelekan suami kepada teman-temannya melalui facebook dan media sosial lainnya.

Catatan :

Jika istri sudah patuh dan ta'at kepada suami maka Allah berikan Surga paling indah untuknya, Alhamdulillah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel