5 Tips Cara Melunakan Hati Agar Tidak Keras

Lingkarcara.com - Memiliki hati yang lunak dan lembut merupakan keinginan semua orang, hati yang lembut gampang sekali mendapatkan nasihat ilmu dari orang tua dan gurunya.

Hati yang lembut mudah untuk melaksaakan perintah Allah, orang tua dan guru. Anak yang hatinya lembut akan terlihat tenang dan santai ketika berbicara dan berjalan, sudah seirama hati dan tindakannya. 

Memiliki anak yang hatinya lembut sangat susah seratus berbanding satu, saking sulitnya para ulama menganjurkan agar anak anda harus rajin berwudhu dan membaca Al-quran, agar hati tenang dan mudah untuk menerima nasehat.

Masing-masing anak atau peserta didik memilki keriteria dan sikap yang berbeda-beda, ada yang penurut ada juga yang membandel, susah untuk diarahkan. Anak tersebut butuh bimbingan tinkat tinggi agar bisa patuh kepada orang tua dan guru.

Tips Cara Melunakan Hati Agar Tidak Keras

5 Tips Cara Melunakan Hati Agar Tidak Keras

Jika anak anda sulit untuk diajak beribadah maka tugas anda sebagai orang tua mengajak dan memaksa agar anak anda mau melaksanakan ibadah. Dipaksa agar biasa, sudah biasa menjadi bisa.

1. Rajin Sholat

Seseorang yang rajin melaksanakan sholat wajib maka ia akan dijaga dari perbuatan keji dan mungkar. Sholat merupakan cara terbaik untuk mendekatkan diri kepada Allah melalu bacaan Al-quran dan dzikir. Seseorang yang rajin melaksanakan sholat sudah pasti hatinya bersih dan hatinya tidak keras, moal merekedeweng atau egois melainkan berfikir secara logis.


2. Rajin Membaca Al-quran

Membaca Al-quran hukumnya sunah, jika di baca maka akan mendapatkan pahala jika tidak dibaca tidak mendapatkan siksa atau dosa. Membaca Al-quran merupakan berdialog dengan Allah, karena Al-quran merupakan Qalamullah.

Seseorang yang rajin membaca Al-quran hatinya akan diterangkan, wajahnya bercahaya dan dijaga lisannya dari keburukan. Tentu saja tidak akan mendapatkan orang yang hatinya keras jika rajin membaca Al-quran.

Bacalah Al-quran agar hatimu tenang, lembut dan mendapatkan Syafa'at di hari akhir nanti.

3. Rajin Berdzikir

Dzikir artinya memuji Allah dengan bacaan subhanalloh, alhamdulillah, allohuakbar, lailahailalloh dan sebagainya. Jika kita ingat kepada Allah maka Allah ingat kepada kita, semakin sering berdzikir akan semakin sering Allah mencintai kita.

Hati yang keras akan perlahan melunak, sedikit demi sedikit nasihat akan masuk, akan dipertimbangkan oleh dia, ingat hidayah Allah selalu ada untuk siapapun yang mau berubah, segeralah bertaubat seseungguhnya Allah maha pengampun lagi maha penyayang.


4. Rajin Bersholawat

Bersholawatlah setiap malam agar mendapatkan syafa'at dari Nabi kita tercinta Nabi Muhammad Saw. Barang siapa yang bersholawat maka Allah akan menghapus dosa seseorang, mengangkat derajatnya, dan mengapus dosa yang belum kita lakukan.

Sekeras apapun hatimu pasti akan lunak ketika ingin bertemu dengan yang kau cintai, cintailah Nabi Muhammad agar engkau di cintai oleh Allah dan Rosulnya. 

5. Berdo'a

Apapun keinginanmu berdo'alah Allah yang akan mengkabulkan setiap do'amu. Berdo'a minta sama Allah agar hati selalu lembut tidak keras, tidak sering marah, tidak sombong, dan tidak ujub, Ingya Allah segala urusan dan harapanmu Ijabah. Semoga Bermanfaat, Amin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel