4 Syarat Sah Puasa Ramadhan Wajib Kamu Ketahui

Lingkarcara.com - Bulan ramadhan sudah datang  mari kita sambut dengan melaksanakan puasa dan kewajiban lainnya. Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh ampunan, penuh keberkahan dan mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Wahai sahabatku hari ini sudah masuk hari kelima puasa, apakah sudah tahu syarat sah puasa? Jangan sampai kamu belum tahu syarat sah puasa bisa bahaya ini.

Syarat artinya sesuatu hal yang harus dilakukan sebelum pelaksanaan ibadah, seperti syarat sholat, puasa, zakat, haji dan sebagainya. Bisa dipahamikan, ingat dan hapalkan yah.


Syarat Sah Puasa
  1. Islam.
  2. Berakal.
  3. Suci dari seumpama darah haidh.
  4. Mengetahui Waktu sebelum pelaksanaan puasa

1. Islam 

Seseorang yang beragama Islam sah melaksanakan puasa, sementara orang non muslim tidak sah melaksanakan puasa, jadi harus Islam dulu baru sah puasa. 

Jika ada orang non Muslim ikut-ikutan berpuasa, percuma puasanya tidak akan Allah terima, jadi kalau mau puasa sesungguhnya masuk islamlah kamu wahai non muslim agar puasamu sah di hadapan Allah.


2. Berakal

Orang yang memiliki akal dan akalnya sehat maka sah melaksanakan puasa, sementara orang yang memiliki akal tapi akalnya tidak sehat maka tidak sah untuk melaksanakan puasa, seperti orang gila dan orang yang sudah tua yang ingatannya sudah tidak berfungsi.

Kapten, apa puasa anak kecil sah?

Puasa anak kecil sah sepanjang akal pikiran anak tersebut normal seperti orang lain pada umumnya.


3. Suci Dari Haid

Perempuan yang tidak sedang haid sah melaksanakan puasa sementara perempuan yang haid tidak sah melaksanakan puasa. Bahkan jika sedang puasa kemudian datang haid maka wajib perempuan tersebut membatalkan puasa, tapi harus diingat bahwa harus menghormati orang yang sedang berpuasa.

Apa yang menjadi alasan ko perempuan yang haid tidak boleh puasa?

Karena ada darah yang keluar, darah itukan najis, jadi tidak boleh sholat, puasa, dan baca Qur'an.


4. Mengetahui Waktu sebelum pelaksanaan puasa

Kamu harus tahu waktu puasa setelah imsak sampai magrib itu saja biar dimengerti. 

No 4 ini terkadang tidak diketahui oleh anda, makanya rajin-rajinlah melaksanakan pengajian jangan sampai tidak tahu syarat sah puasa.


Kesimpulan

Pahami syarat sah puasa agar puasa anda bisa diterima oleh Allah SWT.

Sumber

Kitab Safinah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel