8 Cara Bertaubat dari Dosa Besar (Zina)

Lingkarcara.com - Di zaman sekarang ini sangat sulit menghidari dosa, baik yang kecil maupun yang besar. Dosa kecil seperti menonton hiburan, main PS dan sebagainya, Sementara dosa besar seperti mengupat, mengina, memfitnah dan sebegainya.

Televisi merupakan media yang bisa mendatangkan dosa, media soial juga sama mendatangkan dosa baik yang sengaja atau tidak. Contohnya membuka aurat kemudian di photo dan di share photo anda pada media sosial menjadikan naik syahwat untuk yang melihatnya maka hal tersebut termasuk zina mata, yang mengupload photo dosa yang melihat juga dosa, termasuk dosa yang berantai.

Pergaulan anak jaman sekarang sangat bebas, banyak diantara siswa dan siswi melakukan hubungan intim, akibatnya keperawanan sudah hilang harga diri juga hilang bagaikan sampai yang terbuang tidak ada harga sama sekali. Ini merupakan kelemahan iman dan islam, seseorang yang kuat imannya tidak akan bisa tergoda dengan pacaran dan berdua-duaan dengan yang bukan muhrim.

Dosa kecil dan dosa besar wajib anda taubati, jika anda tidak melakukan taubat maka dosa tersebut akan selalu melekat pada diri anda sampai meninggal nanti. 

Allah Berfirman dalam Al-quran

“Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubat yang semurni-murninya. Mudah-mudahan Rabb kamu akan menghapus kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai.” [QS. At-Tahrim: 8]

8 Cara Bertaubat dari Dosa Besar

8 Cara Bertaubat dari Dosa Besar (Zina)

1. Mandi Taubat

Sunah untuk anda yang mau bertaubat adus dulu atau mandi besar dengan niat "Aku berniat adus taubat lillahita'ala", ketika air kena kulit barulah disitu berniat. 

Semua anggota badan harus tersiram air, diketiak, selengkengan paha, hidung dan semuanya. Untuk tata caranya sama dengan adus pada umunya yang sudah biasa anda lakukan setelah bersenggama dengan istri anda.
2. Shalat Taubat 2 Roka'at

Setelah adus kemudian berpakain yang rapi yang sopan, lebih baik menggunakan pakai yang paling bagus agar Allah menilai kesungguhan taubat anda.

Setelah rapi berpakaian ambil sajadah langsung sholat dua raka'at (Sholat taubat) Niatnya " aku niat sholat taubat dua raka'at lillahita'ala" Allahuakbar.

Bacaan sholat taubat sama dengan sholat wajib dan sholat sunah yang lainnya.

Baca juga : 5 Tips Cara Melunakan Hati Agar Tidak Keras

3. Memohon Ampun Kepada Allah

Setelah sholat taubat dua roka'at anda bermohon ampunan kepada Allah.

Bahasanya seperti ini :

" Ya Rabb saya bersimpuh dihadapanmu memohon ampun dengan segala dosa dan perbuatan khilaf saya, saya merupakan orang yang hina dan dina berlumuran dosa memohon penghancuran dosa kepadaMU" dan sebagainya.

Seseorang yang tulus meminta ampunan dosa maka secara otomatis dia akan berlinang air mata membasahi pipi, menangis tersedu-sedu.

Baca Juga : 6 Kewajiban Suami Kepada Istri dan Keluarganya

4. Menyesal Sudah Melakukan Dosa Besar

Anda harus menyesal telah melakukan dosa tersebut, penyesalan yang mendalam sudah pasti akan menjadi pertimbangan diampuninya dosa dari segala dosa besar. Allah maha pengampun dari segala dosa yang telah dilakukan oleh hambanya, anda harus optimis dosa akan doampuni oleh Allah Subhanahu Wata'ala.

5. Berjanji Tidak Akan Mengulanginya Lagi

Janji merupakan jaminan dihapus seluruh dosa, berjanjilah untuk tidak mengulanginya lagi, anda harus pandai memilih teman dan lingkungan agar tidak kembali lagi kepada keburukan. Ingat bahwa syetan akan selalu menggoda setiap manusia dengan berbagai cara agar bisa kembali kemasa lalunya orang tersebut.

Lalu bagaimana jika lupa kapten?

Tidak sengaja atau lupa itu merupakan hal yang di ampuni, jadi aman-aman saja.

Contoh

Tidur jam 10 malam, bangun jam 7 pagi. Jika tidak sengaja dan tidak bermaksud gak masalah gak berdosa. Berdosa jika disengaja, adzan dubuh ingat tidur lagi, nah itu berosa.

Baca juga : 12 Cara Agar Bisa Melaksanakan Sholat Awal Waktu Setiap Hari

6. Bergaul dengan Orang Sholeh

Supaya anda memiliki prisai yang kokoh bergaulah dengan para ulama, para ustad dan orang-orang sholeh, jika takut terjerumus pada perzinaan maka segeralah menikah.

Menikah hukumnya wajib jika sudah tidak tahan dan takut zina, keluarkan seluruh syahwat pada tempatnya agar memiliki keturunan yang baik yang halal sah menurut islam dan negara.

Prisai yang lainnya dengan rajin membaca Al-quran, sesungguhnya Al-quran adalah penawar dari segala penyakit diseluruh alam.

7. Berdo'a Agar Kuat Iman

Berdo'alah agar dikuatkan iman dan islam. Kekuatan iman akan bisa menghancurkan tipu muslihat iblis dan syetan. Setiap hari syetan menggoda kita, maka kita juga harus kuat dan harus tahu bagaimana syetan menyerang kita.

8. Beristigfar

Beristigfar merupakan cara supaya dosa kita hancur setiap hari, istigfar hanya bisa menghancurkan dosa kecil sementara taubatlah yang bisa menghancurkan dosa besar. Lakukan istigfar minimal 100 kali setiap hari agar dosa kecil bisa hancur.

Kesimpulan 

Seberapapun besar dosa kita, bagaikan buih dilautan, bagaikan pasir dipantai Allah maha pengampun lagi maha penyayang, jika bertaubat pasti Allah ampuni.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel