Benarkah Puasa Bisa Menyehatkan?

Lingkarcara.com - Puasa merupakan menahan diri dari makan, minum, amarah, dan berbuat jahat. Hukum puasa ada yang wajib ada juga yang sunnah. Hukum puasa wajib sudah tentu wajin pelaksanaannya di bulan ramadhan dan puasa yang di nadzarkan.

Nadzar merupakan mengucapkan sesuatu kepada orang lain atau diri sendiri yang sifatnya bahagia. Seperti "Jika saya mendapatkan uang 5 juta pada bulan ini maka saya akan puasa 3 hari berturut-turut" Hukum puasanya wajib jika tidak dilaksanakan maka berosa. Nadzar berlaku untuk ibadah yang lain seperti sholat, sedekah, membaca al-quran dan sebagainya.

Puasa sunnah merupakan puasa yang dilaksanakan di luar bulan ramadhan, pelaksanaannya hari senin dan kamis, boleh hari lain tapi tidak akan seragam karena Nabi Muhammad mengajarkan kepada kita untuk melaksanakan puasa di hari senin dan kamis.

Benarkah Puasa Bisa Menyehatkan?

Apa benar yang melaksanakan puasa akan sehat?

Rosululloh sendiri yang berkata "Puasalah Agar Kamu Sehat" 

Tapi kenapa ko yang melaksanakan puasa banyak yang sakit yah?

Itu karena pola makan yang tidak baik yang berbahaya untuk lambung jadi sakit deh.

Pola Makan yang Tidak Baik

1. Berbuka dengan yang dingin


Berbuka harus dengan buah asli seperti kurma, pisang, semangka dan sebagainya. Tidak dianjurkan berbuka dengan sop buah dingin, karena perut akan kaget kedatangan yang dingin bisa dikatakan belum siap.

Kesalahan patal jika berbuka langsung menyantap sop buah yang dingin, akibat kesalahan tersebut perut kamu bisa sakit dan tidak bisa melaksanakan teraweh.
2. Berbuka dengan yang pedas


Perut yang tidak kuat dengan pedas jangan dipaksakan berbuka dengan yang pedas, harus tahu dirilah sedikit biar perut tidak sakit. Tidak hanya berbuka puasa, kapan saja makan harus menghindari makanan pedas, karena kandungan pedas itulah yang akan merusak pencernaan dan dinding usus kamu.

Banyak diantara perempuan yang suka dengan makanan pedas tanpa memperhatikan keselamatan diri sendiri asalkan senang pasti di lahap, ya begitulah kodrat wanita cenderung mengutamakan perasaan dari pada akal pikiran.

Baca Juga 10 Manfaat Daun Bawang Untuk Kesehatan

3. Berbuka dengan yang Asam


Berbuka atau makan buah yang hasem atau asam sangat tidak dianjurkan, karena sangat berbahaya untuk kelancaran pencernaan kamu. Seseorang yang memiliki penyakit mag sangat di tentang oleh dokter untuk mengkosumsi buah dan makana asam.

Wanita paling doyang metis dengan sambal yang pedas buah yang sentengah matang atau asam/hasem, akibatnya sakit perut dan masuk rumah sakit. Jaga kondisi makanan mulai hari ini agar selalu sehat setiap hari.
4. Pola makan sebelum puasa yang tidak teratur


Makan yang tidak teratur akan mengakibatkan puasa kamu terganggu. Baru 4 jam puasa sudah tidak enak badan, perut kembung dan perih, itu akibat makan tidak pada waktunya.

Kapan waktunya makan?

1. Pukul 6 pagi
2. Pukul 12 Siang
3. Pukul 17 Sore

Jika kamu lapar segera makan dan jangan ditunda-tunda

5. Tidak Makan


Seseorang yang akan berpuasa harus makan atau sahur dengan makanan yang bergizi agar puasanya kuat dan lancar. Jika ada yang tidak makan maka itu sangat berbahaya puasa kamu akan terganggu dan lemas.

Seseorang yang makan aja lemes apalagi tidak sahur aduh inimah jangan sampai terjadi yah bahaya.

Kesimpulan

Perkataan Nabi atau sabda Nabi di atas memang benar, orang yang puasa akan sehat, jika pola makan yang dilaksanakan sudah benar dengan ketentuan dokter, tapi jika tidak sesuai maka akan datang penyakit. 

Dana Kaget Untuk 5 Orang Yang Beruntung

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel