Inilah 10 Kebiasaan Negatif yang Sering dilakukan Selama Bulan Ramadhan

Lingkarcara.com - Bulan suci ramadhan telah datang, untuk itu kita wajib menyambutnya dengan hal yang positif, seperti membaca Al-quran, shalat teraweh, puasa full satu bulan, sedekah dan sebagainya.

Pahala di bulan ramadhan Allah tingkatkan bukti bahwa Allah sayang terhadap hambanya  agar selalu berbuat baik setiap hari, pahala sholat pardu Allah tingkatkan menjadi 70 kali sholat di hari biasa atau selain bulan ramadhan, pahala sholat sunah sama seperti melaksanakan sholat pardu selain di bulan ramadhan, sangat luar biasa bukan, ayo tingkatkan ibadahmu sekarang juga.

Ada diantara kawan kita yang melakukan hal positif dan ada pula yang melakukan hal negatif, ini kembali pada diri masing-masing tergantung pada keimanan dan ketaqwaannya.

Inilah 10 Kebiasaan Negatif yang Sering dilakukan Selama Bulan Ramadhan

Inilah 10 Kebiasaan Negatif yang Sering dilakukan Selama Bulan Ramadhan

1. Tidak Sahur


Meluangkan waktu untuk makan sahur tentunya tidak semua orang bisa, ada diantara teman kita yang malas bangun untuk sahur, akibatnya jam 7 perut sudah keroncongan, haus, mudah cape dan yang paling parah bisa sakit mah.

Hukum sauhr itu wajib, jika kamu tidak saur maka berdosa. Jangan pernah kamu sepelekan sahur, kamu bisa kuat karena sahur. Kamu boleh makan apa saja yang penting perut bisa terisi, dengan terisinya perut kamu, akan menambah tenaga dan kekuatan dalam menjalankan puasa selama 12 jam.

Saya tekankan kamu harus sahur supaya puasamu lancar sampai waktu berbuka nanti.

Baca Juga : 15 Sunnah Rosululloh Untuk Suami Istri Agar Tetap Harmonis


2. Segala Dipersiapkan untuk berbuka



Puasa selama 12 jam mengakibatkan rasa ingin makan ini, makan itu, segala dikumpulkan, segala dipasak untuk berbuka puasa. Hal tersebut tidak baik untuk keuangan kamu, harusnya bisa mengatur uang supaya hemat cukup untuk satu bulan bahkan bisa untuk menabung persiapan picnik setelah lebaran. 

Kebiasaan ini sudah turun temurun dari jaman dulu hingga sekarang, jadi jika segala di adakan, segala dipasak akibatnya makanan banyak tapi mubazir karena tidak mungkin semua makanan masuk kedalam perut kamu kan hehe.

Berbukalah dan makanlah sesuai dengan kemampuanmu, jangan di ada-adakan dan harus pintar memilih menu makanan selama bulan suci ramadhan agar tidak bosan.

Baca Juga : 5 Tips Cara Melunakan Hati Agar Tidak Keras

3. Buka Puasa tidak dengan buah


Buka puasa sunat memakan buah, rasa manisnya asli bukan buatan seperti buah kurma, pisang, anggur dan buah yang lain, jika tidak ada buah minum air jernih saja, ingat bukan air putih tapi air jernih jangan salah kata yah kalau air putih itu susu, jelaskan!

Ada diantara keluarga kamu yang berbuka tidak dengan buah melainkan langsung makan, atau langsung makan kolek, sop buah, jus dan sebagainya. Itu juga boleh hanya saja tidak mendapatkan sunah, sayangkan kalau dilewatkan.

Baca Juga : 12 Cara Agar Bisa Melaksanakan Sholat Wajib Awal Waktu

4. Buka Puasa Sampai Kenyang


Makanan yang sudah kamu persiapkan tentunya akan dilahap setelah waktunya magrib, segala di makan, segala masuk akibatnya kekenyangan deh. Orang Indonesia cenderung dendaman orangnya, makanya sampe kekenyangan.

Kebiasaan ini jangan dilakukan karena akan mengakibatkan malas beribadah, sholat magrib aja berat soalnya perut buncit kekenyangan, apalagi sholat terawih. Pandai-pandailah memakan makanan yang baik untuk tubuh dan jangan kebanyakan.

Baca juga : Cara Bertaubat dari Dosa Besar (Zina)

5. Tidak Teraweh


Malam pertama puasa pasti di mesjid penuh banyak yang melaksanakn sholat terawih, lama kelamaan makin sedikit dan makin sedikit tersisa hanya 2 shap saja. Masuk tanggal 20 tinggal 1 shap saja sampai tanggal 26, tanggal 27 mulai rame lagi karena mendekati idul fitri.

Penyebab Utama Tidak Melaksanakan Teraweh

1. Kekenyangan
2. Malas

Kekenyangan dan malas menjadi faktor penyebab tidak melaksanakan teraweh, sangat disayangkan untuk kamu yang tidak melaksanakan teraweh, perlu kamu ketahui bahwa sholat teraweh merupakan alat untuk menghancurkan dosa dan lemak atau makanan yang sudah kamu konsumsi pada saat buka puasa.

Baca Juga : 5 Kerugian Orang yang Tidak Melaksanakan Sholat Wajib

6. Setelah Sholat Subuh Tidur 


Banyak sekali diantara kita setelah sholat subuh kemudian tidur sampai siang bangun pukul 12, wah sungguh terlalu. Kebiasaan ini sangat buruk sekali, bagusnya melakukan pengajian atau menghadiri kultum di mesjid.

Pengajian setelah sholat subuh jarang dilaksanakan di daerah saya jadi setelah subuh pasti tidur. Ini masih mending dari pada sebelum subuh tidur bangun jam 12 siang tidak melaksanakan sholat subuh, wah lebih gawat lagi, percuma melaksanakan puasa kalau tidak sholat subuh, lebih baik tidak puasa sekalian karena amal pertama yang Allah tilai adalah sholatmu kemudian zakatmu kemudian puasamu.

Baca Juga : 6 Kewajiban Suami Kepada Istri dan Keluarganya

7. Seharian Main PS


Main PS merupakan cara agar waktu tidak terasa tiba-tiba sudah magrib deh. Main PS boleh-boleh saja tapi jangan seharian habis untuk main PS, sayangkan waktu yang banyak ini terbuang sia-sia hanya demi PS, coba kamu bayangkan jika waktu yang panjang itu di gunakan untuk membuat artikel, membaca Al-qur'an, bebers-beres rumah dan sebagainya tentu mendapatkan pahala yang besarkan, kalau main PS sepertinya tidak mendapatkan pahala tuh haha.

Gunakan waktu dengan bijak, baca qur'an jalan, main PS juga jalan tapi hanya beberapa jam saja, atur waktu untuk bermain agar bisa terkontrol untuk melaksanakn kegiatan lainnya.

Baca Juga : Tradisi Unik Menyambut Bulan Suci Ramadhan

8. Seharian Main Kartu


Main kartu di jaman sekarang ini bukan main kartu langsung bertemu 4 orang, melainkan dari jarak jauh menggunakan smartphone, aplikasi yang digunakan seperti gaple, qiu-qiu dan sebagainya.

Main ludo juga bisa dilakukan dari jarak jauh, tinggal di rumah masing-masing aktifitasnya padat ya gituh bermain aplikasi terus menerus sampai magrib tiba.

Coba kalau ada yah aplikasi baca Al-quran bisa berempat bahkan berenam, seru pastinya bisa mendapatkan pahala setiap hari selama bulan suci ramadhan.

9. Seharian Main Layangan


Main layangan di jaman sekarang ini sudah tidak banyak yang melakukannya pasalnya anak jaman sekarang sudah beralih main layangannya di smartphone, mungkin masih ada hanya beberapa orang saja, saya termasuk orang yang suka dengan main layangan, karena bisa menghilangkan kejenuhan dan stres.

Ada juga yang main layangan untuk di adu-adukan atau untuk menyibret layangan orang itu juga seru saling sibret akibatnya nangis deh anak tetangga haha.

Main layangan boleh asalkan jangan lupa waktu ingat sholat yah ingat rumah biar kamu bisa pulang tepat waktu sebelum berbuka puasa.

Baca Juga : Cara Mudah Mengunci Jaringan 4G LTE Only pada Smartpone

10. Seharian Main Smartphone


Kalau yang ini sudah barang tentu tidak terelakan lagi sulit untuk ditahan karena perkembangan jaman sekarang ini sudah sangat maju. Segala sesuatunya sudah ada dalam gemgaman smartphone, main games, facebookan, bahkan mencari uang pun dilakukan melalui smartphone.

Ibu dan bapak yang rajin berjualan online tentunya menggunakan smartphone, seperti berjualan di bukalapak, tokopedia, shopee, lazada dan sebagainya. Kamu sebetulnya tidak usah punya product dropship aja ko gampang bisa menghasilkan uang dari barang orang lain, tapi ingat izin dulu biar berkah.

Baca Juga : Cara Mudah Top Up Shopee Menggunakan SMS Banking BNI

Kesimpulan

Segera rubah kebiasaan negatifmu menjadi kebiasaan positif, rubah kebiasaanmu sekarang juga mungpung masih di awal bulan ramadhan, masih banyak tuh hari yang lain yang harus kamu isi dengan hal yang positif.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel