13 Keistimewaan Bulan Suci Ramadhan yang Wajib Kamu Tahu

Lingkarcara.com - Bulan suci ramadhan telah datang, hari ini sudah masuk hari empat berpuasa, mari kita sambut bulan suci ini dengan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah agar semakin dekat dengan-Nya.

Bahagia rasanya bisa kembali memasuki bulan ramadhan, bulan yang sangat agung karena memiliki keistimewaan dibandingkan dengan bulan lainnya. Kamu wajib tahu keistimewaan bulan suci ramadhan agar bisa selalu beribadah setiap hari secara khusu dan konsisten. Allah sangat suka pada setiap hambanya yang melakukan ibadah dengan konsisten atau terus menurus walaupun dalam mengerjakan amal ibadahnya sedikit.

Seuruh umat muslim di dunia merayakan kedatangan bulan suci ramadhan dengan penuh kebahagiaan, karen dalam satu tahun hanya ada dalam satu bukan jadi momen ini harus dipergunaan dengan sebaik-baiknya untuk berkumpul dengan keluarga mengumpulkan pahala. Pahala dibulan puasa sangat banyak dan dilipat gandakan, jadi marilah meraup keuntungan dengan melakukan kebaikan.

Pembahasan kali ini tentang keistimewaan bulan suci ramadhan

13 Keistimewaan Bulan Suci Ramadhan yang Wajib Kamu Tahu

13 Keistimewaan Bulan Suci Ramadhan yang Wajib Kamu Tahu

1. Lailatul Qodar



Lailatul Qodar atau malam seribu bulan merupakan malam yang dinanti-nantikan oleh hamba Allah yang haus dengan pahala yang hanya ada di bulan ramadhan, pahala tersebut seribu kali lipat dengan bulan lain selain bulan ramadhan.


 Kutifan hadist : Dan Rasulullah shallallalhu ‘alaihi wasallam menyebutkan, “Barang siapa yang terjaga untuk mendapatkan malam lailatul qadar, kemudian benar-benar mendapatkannya, maka dia telah diampuni dosa sebelum dan sesudahnya,” (HR. Ahmad)


Ciri-ciri Adanya Lailatul Qodar

Pertama : Angin pada malam itu tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin, bisa dirasakan sedang-sedang saja ada kehangatan yang menyelimuti kita semua.

Kutifan hadist “Lailatul qadar adalah malam yang penuh kemudahan dan kebaikan, tidak begitu panas, juga tidak begitu dingin,..” (HR. Ibnu Huzaimah)

Kedua : Matahari dipagi harinya tidak terlalu panas dan berwarna putih tanpa memancarkan cahaya ke segala penjuru.

Kutifan hadist “Malam itu adalah malam yang cerah yaitu malam ke dua puluh tujuh (dari bulan Ramadhan) dan tanda-tandanya ialah pada pagi harinya matahari terbit berwarna putih tanpa sinar yang menyorot.” (HR. Muslim no. 762)

Ketiga : Malam Tersebut Nampak Cerah dan Tenang

Kutifan hadist “…Sesungguhnya tanda Lailatul Qadar adalah malam cerah, terang, seolah-olah ada bulan, malam yang tenang dan tentram, tidak dingin dan tidak pula panas. Pada malam itu tidak dihalalkan dilemparnya bintang, sampai pagi harinya. Dan sesungguhnya, tanda Lailatul Qadar adalah, matahari di pagi harinya terbit dengan indah, tidak bersinar kuat, seperti bulan purnama, dan tidak pula dihalalkan bagi setan untuk keluar bersama matahari pagi itu.” (HR. Ahmad)

Empat : Ibadah pada malam tersebut akan terasa lebih tetang

Kutifan Al-qur'an : “Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril,” (QS. Al-Qadar: 4)

Lima : Terkadang Tanda-tanda malam tersebut diperlihatkan dalam mimpi orang mukim

Kutifan hadist “Aku tahu bahwa kalian melihat lailatul qadar pada tujuh hari terakhir Ramadhan. Siapa yang sungguh-sungguh dalam mencarinya, maka carilah di tujuh hari terakhir dari bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari-Muslim)

Enam : Tanggal ganjil, 21, 23, 25, 27, dan 29.

Anda bisa sambut lailatul qodar pada tanggal ganjil di atas, sangat baik jika setiap malam anda melakukan ibadah dengan ikhlas mau mendapatkan lailatul qodar atau pun tidak.



2. Bulan Diturunkannya Al-quran


Al-quran diturunkan pada tanggal 17 ramdhan biasa disebut nuzulul quran. Sudah biasa kita peringati setiap malam tanggal 17 belas ramadhan membaca qur'an secara bersama-sama di setiap DKM. 

Alangkah lebih indah jika kita membiasakan membaca Al-qur'an setiap hari agar mendapatkan pahala besar dan mendapatkan Syafa'at dari Al-qur'an pada hari kebangkitan nanti.


3. Bulan Dikabulkannya Do'a


Setiap hari Allah mengabulkan do'a hambanya melalui sholat dan bacaan dzikir. Semakin sering berdo'a semakin dekat dengan sang pencipta, Allah sangat senang jika ada orang muslim yang meminta hajat atau kebutuhannya setiap hari.

Bulan ramadhan merupakan momentum untuk memanjatkan do'a meminta semua urusan untuk dimudahkan dan meminta rezeki yang halal serta bisa mencukupi segala kebutuhan hidup.

Cara agar do'a cepat terkabulkan 
  1. Bertaubat dulu
  2. Menggunakan pakaian yang sopan
  3. Memohon
  4. Yakin do'a akan dikobul



4. Bulan Dilipat Gandakan Pahala


Dibulan ramadhan pahala sholat kita akan dilipat gandakan. Sekali melaksanakan sholat wajib pahalanya sama dengan 70 kali melaksanakan sholat diluar bulan ramadhan, Sholat sunnat pahalanya sama seperti sholat pardu selain bulan ramadhan.

Tidurpun mendapatkan pahala, tapi jangan seharian tidur jadi makruh hukumnya, tidurlah secukupnya dan niatkan supaya bisa melaksanakan teraweh dan sholat tahajud.

Pokonya segala amal dilipat gandakan, ayo perbanyak amalmu agar mendapatkan surga di akhirat nanti.


5. Bulan Penuh Berkah


Bulan ramadhan merupakan bulan yang berkah artinya bertambah kebaikan dan makanan. Selain bulan ramadhan jarang kita makan dengan daging ayam, lodeh, semur jengkol dan sebagainya, tapi di bulan ramadhan segala ada dan ini merupakan keberkahan yang sangat luar bisa yang Allah berikan kepada kita semua.

Selain itu anggota keluarga yang jauh kembali datang pulang berkumpul bersama keluarga di rumah masing-masing. Selain itu yang biasa tidak pernah mebil baju baru di bulan ramadhan mendadak membeli baju koko baru, beli sarung, beli mukena dan sebagainya.


6. Pintu Kebaikan Dibuka


Di kota-kota besar seperti jakarta, surabaya, tasikmalaya dan kota lainnya membuka kebaikan dengan menerima sedekah kurma dan minuman untuk berbuka puasa. Semua orang berbondong-bondong memberikan kebaikan agar bisa di nikmati oleh orang muslim yang mau berbuka, ini sangat luar biasa hebat.

Siapapun yang memberi pasti akan diterima, ayo bangkit berikan kebaikan untuk saudara kita yang membutuhkan.

7. Pintu Keburukan Ditutup


Bulan ramadhan bulan yang sangat hebat, terbukti copet terbelenggu, dibandingkan hari biasa copet di bulan ramadhan berkurang bahkan ada yang memberhentikan mencopet hanya di bulan ramadhan.

Copet atau yang sejenisnya seperti bar, tempat berjudi di bulan ramadhan di tutup. Pintu keburukan Allah tutup dengan kebaikan, semua orang berbuat baik tidak mau berbuat jahat karena syetan dibelenggu.

8. Bulan Pengampunan Dosa


Berdosa atau tidak dibulan ramadhan semua orang ingin pengampunan dosa dari kerabatnya, ibu bapaknya dan semua orang bahkan yang tidak kenalpun meminta maaf.

Di tv akan segera kita jumpai banyak yang meminta maaf, pada hal dia tidak pernah salah ke kita tapi mereka meminta maaf, ini sangat luar biasa terjadi hanya 1 tahun sekali di seluruh dunia.

Kalau di istilahkan bulan ramadhan ini bulan meminta maaf, anak meminta maaf kepada ibunya dan sebalimnya, suami meminta maaf kepada istrinya dan sebaliknya, semua berharap kembali pada kesucian, ingin di ampuni segala dosanya oleh manusia dan oleh Allah tuhan semesta alam.


9. Bulan Terbaik Untuk Bersedekah


Sedekah kapan pun juga bisa, sedekah di bulan ramadhan sangat berbeda rasanya, pahala yang menyebabkan orang berbondong-bondong memberikan sedekahnya di mesjid, panti asuhan dan sebagainya. Pahalanya sangat banyak bisa mencapai 1000 kebaikan setiap satu kali bersedekah.

Ayo bersedekah agar rizkimu dilipat gandakan oleh Allah, pahala berlipat rizqi juga berlipat, Allah sangat sanyang kepada kita semua.

10. Bulan Terbaik Untuk Meminta Maaf


Ada diantara kawan kita yang melakukan kesalahan, tapi ia enggan meminta maaf pada saat itu, akhirnya ia tangguhkan akan meminta maaf nanti saja di bulan ramadhan. Hal ini sebenarnya kurang tepat karena para malaikat akan benci terhadap orang yang memananti-nantikan meminta maaf, jangankan satu tahun satu minggu aja sudah dibenci apalagi selama satu tahun menyimpan keburukan pada hati kita.

Semua itu hak anda, momen langka ini pasti orang pergunakan sebaik mungkin untuk saling memaafkan dan tidak ada alasan untuk tidak memaafkan karena tidak ada momen lagi selain bulan ramadhan dan idul fitri.

Mari kita saling memaafkan agar Allah tersenyum kepada kita dan memberikan kebaikan kepada kita di dunia dan di akhirat.

11. Bulan Mendatangkan Rezeki


Sudah saya singgung di atas, bulan ramadhan mendatangkan rizki yang tidak di sangka-sangka sebelumnya. Ada tetangga memberikan daging ayam, kolek, cendol, dan makanan lainnya.

Usaha olshop semakin maju, banyak yang order, usaha kolek juga laku dan usaha-usaha lainnya pun akan Allah naikan menjadi lebih baik.

Rizki di bulan ramadhan sangat melimpah tidak diminta pun datang apalagi yang diminta, mari kita melakukan kebaikan agar banyak rizki yang akan kita terima.


12. Syetan Dibelenggu


Pintu keburukan di tutup karena syetan yang mengajak pada keburukan sedang dibelenggu. Makna belenggu ada dua, satu belenggu atau diikat sebenarnya oleh Allah dan kedua diikat dengan kebaikan kita.

Semakin banyak melakukan kebaikan maka syetan semakin tidak bisa berkutik, mereka kesulitan untuk menggoda manusia. Beruntung sekali kita mendapatkan perlindungan Allah melalui berpuasa.

13. Kembali ke Fitrah


Setelah 30 hari berpuasa, tibalah waktunya mengumandangkan takbir di seluruh mesjid dan lapangan, air mata ini pun tidak terbendung meratapi banyaknya dosa yang dilakukan. Dosa pada ibu dan bapak, dosa kepada istri dan anak dan dosa yang tidak bisa saya sebutkan.

Setelah sholat idul fitri tibalah waktunya meminta maaf dan saling memaafkan, Allah akan memaafkan kita seperti bayi yang baru di lahirkan, sangat luar biasa anda harus yakin bahwa akan kembali kepada kesucian.

Kesimpulan

Mari kita sama-sama melakukan kebaikan dan memaafkan segala dosa. Saya Romli admin lingkarcara.com meminta maaf kepada anda semuanya pasti banyak dosa dan kehilafan dari artikel yang sudah saya terbitkan. 

Mohon maaf lahir dan batin.

Sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel