Sistem kerja Mobil Hybrid yang hemat BBM dari Toyota Camry Hybrid

Lingkarcara.comSemakin tingginya harga bahan bakar minyak (BBM), membuat produsen mobil berlomba-lomba untuk merancang mobil yang irit bahan bakar minyak, kali ini produsen Toyota menghadirkan Toyota Camry Hybrid sebagai mobil Hybrid andalannya. Tentunya mobil yang irit bahan bakar tak akan mengurangi performa kendaraan. Oleh karena itu, pabrikan Toyota membuat teknologi mobil Hybrid atau biasa disebut dengan nama mobil Hybrida. Dengan tujuan irit konsumsi bahan bakar minyak tanpa mengurangi performa mobil. Pertanyaan selanjutnya, bagaimana cara kerja mobil hybrid?

Sistem kerja Mobil Hybrid yang hemat BBM dari Toyota Camry Hybrid

Mobil Hybrid menggunakan penggabungan manfaat dari mesin bensin dan motor listrik dengan tenaga baterai buat mengurangi konsumsi bahan bakar. Mesin bensin ini menyediakan sebagian besar tenaga untuk mobil, dan motor listrik untuk memberikan daya tambahan bila diperlukan, seperti mempercepat kendaraan dan untuk menyalip.


Kali ini kami akan membagikan kepada Anda bagaimana cara kerja mesin mobil Hybrid, secara simple agar mudah dimengerti.  Dengan anda mengerti cara beralih ke mobil Hybrid atau tidak.kerja mesin mobil Hybrid, akan memudahkan anda untuk mengambil pilihan.

Cara Kerja Mobil Hybrid Standar & Full Hybrid

Apa itu teknologi mobil hybrid? Mobil hybrid merupakan sebuah mobil yang menggabungkan mesin dengan menggunakan bahan bakar minyak dan mesin. Dengan penggerak motornya yang menggunakan tenaga baterai. Ada beberapa kelebihan dari teknologi mobil Hybrid, seperti mobil irit bahan bakar minyak, serta peningkatan tenaga mobil dan daya tambahan untuk penambahan alat yang menggunakan daya listrik pada mobil, seperti audio. Jenis mobil Hybrid saat ini ada dua, Hybrid standar dan full Hybrid, Berikut cara kerja mobil Hybrid standar dan full Hybrid di bawah ini.

Cara Kerja Mobil Hybrid Standard

1. Starting (Menghidupkan Mesin)

Pada saat anda menghidupkan mobil dan mesin mulai panas, jika baterai dalam keadaan melemah perlu di isi. Maka mesin generator ini akan mengubah energi yang dihasilkan dari mesin bensin menjadi energi listrik untuk mengisi baterai, cukup menarik kan,


2. Kecepatan Jelajah (Crusing)

Pada saat anda akan membawa mobil pada saat kecepatan jelajah, sekitar 60 – 80 kilometer / jam, mesin bensin dengan sendirinya akan sepenuhnya mengambil alih tenaga penggerak mobil, dan pada saat  baterai kekurangan daya, kecepatan jelajah energi yang dihasilkan oleh  mesin bensin akan dirubah oleh generator untuk mencharge baterai.


3. Kecepatan Saat Menyalip

Bila kita  menyalip kendaraan lain, akan di perlukan tenaga akselerasi yang lebih tinggi. Untuk mencapai energi akselerasi sangat cepat, maka tenaga dari mesin bensin dan tenaga dari motor listrik ini menggunakan baterai keduanya yang di gunakan sesuai dengan kebutuhan pengemudi kendaraan mobil Hybrid.


4. Kecepatan Mobil Saat Pengereman.

Pengereman mobil Hybrid disebut juga dengan nama pengereman regeneratif (Regenerative Braking). Pada saat anda mengerem tenaga mobil akan menjadi sia-sia pada mobil non Hybrid. Sedangkan di mobil Hybrid,ini  putaran roda saat pengereman berfungsi sebagai generator dari energi gerak yang menjadi energi listrik. Energi listrik yang dihasilkan oleh roda,akan disimpan pada baterai mobil untuk energi penggerak motor. Daya listrik baterai untuk penggerak motor akan dihasilkan dari pengereman regeneratif dan dari mesin bensin, sehingga mobil Hybrid tak perlu memerlukan pengisian ulang daya baterai dengan pencolokan ke outlet listrik.


5. Kecepatan Mobil Saat Berhenti Sementara

Dengan menggunakan teknologi mobil Hybrid, pada saat mobil berhenti sebagai contoh pada lampu merah, mesin akan di matikan semua. Energi untuk AC, audio dan peralatan elektronik yang lain pada mobil mengambil daya dari baterai.

Cara Kerja Mobil Full Hybrid

Cara kerja mobil Hybrid serta  jenis full Hybrid, secara penuh akan menggunakan tenaga dan sumber utama energi dari mesin bensin. Sedangkan pada fungsi dari motor listrik akan memberikan tenaga tambahan jika diperlukan. Pada bagian mobil full Hybrid, motor listrik ini memberikan satu-satunya sumber penggerak mobil saat laju mobil dalam kecepatan rendah, jadi sangat efektif saat di jalan terjadi kemacetan. Jadi mobil full Hybrid sangat lebih irit bahan bakar saat perjalanan macet.

1. Starting (Menghidupkan Mesin)

Di mobil full Hybrid, daya untuk menyalakan peralatan elektronik pada saat mobil di ambil dari baterai, seperti audio, AC, lampu. Mesin mobil dengan sendirinya akan menyala saat baterai perlu tambahan daya. Jadi pada saat baterai dalam keadaan penuh, maka mesin mobil tidak akan menyala walaupun anda sudah menghidupkan mobil tersebut.


2. Kecepatan Rendah

Pada akselerasi awal, kecepatan mobil sangat rendah dan memundurkan mobil, mobil akan digerakan oleh motor listrik dan motor listrik akan mengambil daya dari baterai. Jika baterai habis harus diisi daya baterai kembali, generator akan menghidupkan mesin dengan sendirinya untuk mengisi daya baterai. Pada mobil full Hybrid, saat kecepatan mobil sangat lambat, biasanya di bawah 20 kilometer / jam, energi untuk pengerak mobil akan diambil dari baterai dan mesin mobil yang menggunakan bahan bakar minyak akan di matikan. Jadi pada saat jalanan macet, mobil full Hybrid akan sangat irit bahan bakar minyak.  


3. Kecepatan Jelajah (Crusing)

Pada saat kecepatan jelajah, mesin bensin dan motor listrik secara bersamaan  akan menggerakan mobil. Generator akan mengganti energi gerak untuk digunakan mencharge baterai.


4. Kecepatan Saat Menyalip

Disaat menyalip, pengemudi akan memerlukan daya akselerasi. Daya mobil hybrid ini akan diambil dari mesin bensin dan motor listrik secara bersamaan. Jadi daya tarikan disaat menyalip akan melebihi daya tarikan mobil non Hybrid, tentunya dengan jenis mobil yang sama.


5. Kecepatan Mobil Saat Pengereman

Pengereman regeneratif, mengganti fungsi motor dari penggerak roda menjadi penghasil daya listrik. Pada saat motor listrik putarannya di balik, sehingga putaran roda saat pengereman akan menghasilkan listrik yang disimpan di dalam baterai.


6. Kecepatan Mobil pada Saat Berhenti

Sama seperti pada mobil Hybrid berstandar, pada teknologi mobil Hybrid,disaat mobil berhenti sebagai contoh pada saat lampu merah, secara otomatis mesin mobil akan di matikan semua. Energi untuk AC, audio dan peralatan elektronik yang lainnya pada saat mobil mengambil daya dari baterai.

Rekomendasi Mobil Hybrid Indonesia

Kini di Indonesia, pabrikan mobil Toyota saat ini memiliki mobil hybrid yang sebagai andalannya yaitu Toyota Camry Hybrid. Untuk anda yang sedang mencari mobil Hybrid bisa kami merekomendasi Toyota Camry Hybrid sebagai pilihan terbaik. Anda bisa mendapatkan mobil ini dengan mengunjungi dealer Auto2000 terdekat. 

Jaringan Dealer Auto2000 sudah tersebar luas di berbagai kota di seluruh Indonesia, maka anda tak perlu khawatir dengan hal ini. karena Dealer Auto2000 sudah bertahun-tahun selalu memberikan pelayanan terbaik kepada semua pelanggannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel