6 Tips Mengajak Anak Berpuasa di Bulan Ramadhan

Lingkarcara.com - Belajar berpuasa sangat baik diawali sejak dini agar anak kita terbiasa. Hukum berpuasa untuk anak kecil tidak wajib karena belum balig, sangat dianjurkan untuk bunda mengajarkan berpuasa sejak dini agar terbiasa dan akan menjadi keiasaan positif di masa yang akan datang. 

Anak kita yang baru usia 4 tahun perlu bimbingan dalam menjalankan puasa agar tidak merasa terpaksa. Tidak masalah jika ia mampu melaksanakan puasa hanya setengah hari itu juga sudah bagus, esok harinya bisa ditaikan lama puasanya. 

Berikut ini Kami Bahas Tips Mengajak Anak Berpuasa

1. Mendapat Istirahat Cukup


Pastikan sikecil memiliki istirahat yang cukup, bunda harus memberikan penjelasan agar anak bisa tidur pukul 8 malam, agar pada saat sahur tidak sulit untuk membangunkannya.

Tidur anak harus terpenuhi selama 7 jam. Biasanya anak perempuan lebih mudah untuk diaturnya dari pada anak cowo, anak perempuan lebih penurut dan anak cowo lebih sulit untuk dikasih tahu serta diarahkan, tapi tidak semuanya begitu yah bunda semoga aja anak perempuan dan anak cowo bunda lebih mudah diaturnya dan penurut.

2. Bangunkan Anak Secara Lembut


Waktu sahur telah tiba bangunkan sikecil dengan halus dan lembut, usap tangannya dan peluk ia agar terasanya nyaman. Mohon bunda bersabar karena tidak mudah yah, bairkan saja dulu ia duduk agar bisa sadar sepenuhnya.

3. Mengajak Anak Cuci Muka dan Gosok Gigi Biar Segar

Setelah sadar sepenunya, ajak ia kekamar mandi untuk mencuci muka dan gosok gigi agar terasa fresh dan juga wangi. Tentu dengan cara tersebut pada saat makan lebih percaya diri dan lahap makannya

4. Pastikan Anak Mendapatkan Asupan Gizi Terbaik


Setelah berbuka puasa tanya kepada anak anda, nanti pada saat sahur mau dimakain apa? Tentu saja semua akan memiliki makanan favorit termasuk anak bunda kan, masak makanan favoritnya dan sempurnakan asupan giji di dalamnya, ada karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin dari buah.

Semakin banyak dan sempurna makanan yang tersedia semakin bagus agar anak bunda kuat menjalankan puasa, jadi bisa seharian full tuh berpuasa, mantapkan bun.

Baca Juga : 4 Syarat Sah Puasa Yang Wajib Kamu Tahu

5. Libatkan Anak dalam Kegiatan Positif


Setelah subuh jangan dibiasakan anak tidur agar makanan yang sudah dimakan tadi bisa terurai dengan baik, libatkan dia dalam hal positif misalkan membaca Al-quran, olahraga, dan sebaainya.

Semua yang dilakukan oleh sikecil harus terpantau dengan baik yah takutnya terjadi kecelakaan atau hal yang tidak diduga, seperti ranting patah karena bermain di bawah pohon, bunda harus siap selalu menjaga buah hatu.
6. Berikan Hadiah


Hadiah merupakan ungkapan rasa senang dan gembira karena sesorang sudah melaksanakn perintah dari kita dengan sukses.

Memberikan hadiah kepada sikecil bukan hal yang buruk melainkan sangat baik agar dia sungguh-sungguh menjalankan puasa di bulan ramadhan. Bunda bisa memberi tahukan sebelumnya, jika berhasil puasa selama 30 hari maka akan diberikan hadih, tentu hadiahnya tidak dikasih tahu biar terlihat kejutan. 
Jika anak bunda setuju sangat bagus agar dia bisa meraih hadiah tersebut dengan perjuangan dia sendiri. Mau sukses puasa 30 hari atau tidak bunda harus memberikan hadiah biar dia makin semangat dalam melaksanakan ibadah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel