9 Persiapan Amal Sebelum Dijemput Malakal Maut

Lingkarcara.com - Kematian pasti akan terjadi kepada semua yang memiliki nyawa, manusia, hewan dan tumbuhan. Sudah siapkah anda meninggal dunia mengawali hidup baru di alam akhirat?

Semua orang tidak akan pernah siap dijemput kematian oleh malaikat ijroil, mereka berharap hidup di dunia lebih lama lagi. Kematian merupakan jalan atau syarat masuk surga atau masuk neraka, tidak ada yang tiba-tiba masuk surga atau masuk neraka tanpa mengalami kematian, semua pasti akan merasakan sakitnya dicabut nyawa oleh Malaikat Ijroil. 

Kapanpun dan di manapun kita harus mempersiapkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah anggap saja hari ini hari terakhir kita hidup di dunia agar khusu beribadah. 


Kematian itu banyak ragamnya, ada yang tertabrak mobil, tabrakan mobil, dimakan harimau, tercebur di sungai, di gigit ular, di tusuk pisau, ditembak, sedang sholat, sakit kangker dan sebagainya silahkan anda pilih sendiri mau dengan cara apa anda meninggal dunia. Saya berharap bisa meninggal dunia sedang melaksanakan sholat, sangat indah dan membahagiakan buat saya, amin.

Persiapan Menuju Akhirat Sebelum Datang Malakal Maut

1. Bertaubat


Taubat yang disukai oleh Allah merupakan taubat yang benar-benar taubat bukan asal taubat, disebut taubatannasuha taubat yang sesungguhnya. 

Setiap hari kita melakasanakan maksiat mulai dari dosa mata melihat aurat wanita di televisi, di internet dan di dunia nyata, dosa mulut membicarakan orang lain, gibah, ngupat, fitnah dan sebagainya, dosa kaki, dosa tangan dan dosa anggota badan lainnya. 

Dosa tersebut bisa hancur dengan bertaubat membaca istigfar 100 kali paling sedikit, lebih baik 1000 kali supaya dosa menjadi hancur lebur.

Cara yang sesungguhnya anda bisa membaca 8 Cara Bertaubat dari Dosa Besar Zina

2. Perbaiki Sholat


Sholat merupakan tiang agama yang paling pertama ditanyakan oleh Allah kepada manusia. Jika sholatnya bagus dalam artian selalu melaksanaannya tanpa bolong-bolong maka dia termasuk orang yang ta'at. 

Sholat sudah rajin apakah pelaksanaannya awal waktu dan berjamaah?

Banyak sekali godaan dan rintangan dalam melaksanakan sholat wajib, syetan selalu menggoda manusia dari arah mana saja yang mereka inginkan, untuk itu kita harus kuat dan melawan syetan dengan cara apapun. 

Saya memang rajin melaksanakn sholat wajib tapi terkadang pelaksanaanya di akhirkan, ini berdosa bisa celaka. Ancaman Allah dalam surat Al-Ma'un ayat 4-5.

Ayat 4 "Maka celakalah orang yang sholat"
Ayat 5 "Yaitu orang-orang yang lalai terhadap sholatnya"

Baca 5 Kerugian Orang yang Tidak Melakasanak Sholat

Jika seseorang melaksanakan sholatnya secara berjama'ah maka ia akan mendapatkan 25 derajat kebaikan.

Mari kawan kita mulai lembaran baru untuk melaskanakn sholat awal waktu secara berjama'ah, semoga Allah melindungi kita dari semua godaan dan rintangan yang akan menghalangi cita-cita kita.

3. Laksanakan Sunah Nabi


Sunah nabi merupakan kebiasaan Nabi Muhaamd Saw dalam melaksanakn ibadah setiap hari. Seperti pelaksanaan sholat sunah kobliah dan ba'diah sholat wajib. Jadi sebelum dan sesudah sholat wajib ada sholat sunah dulu nah mulai sekarang mari kita sama-sama melaksanakan sholat sunah tersebut semoga kita mampu. Amin.

Selain shola sunah kobliah dan ba'diah anda juga bisa melaksanakan sholat Dhuha dan sholat tahajud. Pelaksanaanya memang sulit tapi bisa kita laksanakan dengan perjuangan yang sangat besar, komitmen kepada diri akan menjadi dasar pelaksanaan sholat sunah tersebut.

Selain ibadh sholat membaca Al-quranpun menjadi sunah Nabi, karena Nabi Muhammad rajin membaca Al-quran.

4. Perbanyak Amal

Cara memperbanyak amal sholeh banyak sekali ragamnya, anda bisa memulai dengan membaca Al-quran, sholat sunah, sedekah, memberikan ilmu dan sebagainya.

Amal yang Akan Selalu Mengalir Kepada Anda di dunia dan Setelah Anda Meninggal Dunia (Ahli Kubur) :

  1. Jadi Penyebar Ilmu (Guru Ngaji atau Guru Sekolah)
  2. Sedekah tanah untuk mengaji, sekolah agama islam, sedekah Al-quran, dan sebagainya.
  3. Memiliki anak yang sholeh yang mendoakan ayahnya dan ibunya.

Saya Jelaskan Sedikit

1. Jadi Guru


Guru harus digugu dan ditiru. Anda mengajarkan satu hurup kepada siswa dan dia bisa membaca karena anda maka pahalanya akan mengalir sampai anda meninggal dunia. Dengan cara menyebarkan ilmu bisa dipastikan anda akan selamat di alam kubur.

Logikanya jika anda memiliki 100 anak yang di didik, pada saat nanti di alam kubur atau pada saat menyebrang pada jembatan Sirothol Mustaqim kemudian anda celaka masuk neraka maka saya yakin diantara 100 anak yang pernah anda bimbing akan membantu anda dari kecelakaan itu, akan anda siswa yang mencari gurunya dia ingin bersama dengan gurunya di surga, guru yang celaka tersebut Allah angkat dan dimasukan ke dalam surga, Amin.

2. Sedekah Tanah

Sedekah tanah menurut saya merupakan sedekah terbaik sepanjang masa yang akan menambah tabungan pahala anda. Dalam bahasa kerennya Wakaf, seseorang yang mewakafkan tanahnya untuk kepentingan umat pahalanya akan mengalir sampai dia meninggal dunia, di alam kubur akan terang benerang mendapatkan cahaya dari tanah wakaf tersebut.

3. Anak Yang Sholeh

Memiliki anak yang sholeh tidak mudah butuh perjuangan yang sangat ekstra. Disebut sholeh selalu melaksanaka nperintah orang tuanya dan menjauhi semua larangannya dan selalu mendoakan orang tuanya, sekalipun orang tuanya sudah meninggal dunia.

Semua yang telah anda ajarkan kepada anak anda merupakan cara terbaik mendapatkan pahala untuk tabungan akhirat anda.

Baca juga Inilah 5 Amalan Gampang Pahala Selangit

5. Perbanyak Sedekah


Sedekah merupakan memberikan sebagian atau seluruh harta kekayaan kepada orang yang membutuhkan, lebih tepatnya anda bisa menyalurkan sedekah pada yatim piatu atau panti asuhan, kotak amal mesjid dan sebaginya.

Terkadang untuk beramal kita selalu mikir dulu berdeda dengan makan bakso, mie ayam itumah langsung saja tanpa mikir dua kali. 

Memang sulit untuk memberikan uang kepada orang lain, memberikan pakaian, dan memberikan makanan. Penyebabnya adalah kurangnya keimanan dan ketaqwaan kepada Allah.

Mari kawan mulai hari ini kita menyisihkan uang untuk akhirat walaupun sedikit. Setiap hari bersedeah 1.000 rupiah 30 hari 30.000 rupiah, lihat apa yang terjadi setelah anda rajin bersedekah.

Allah akan membalas orang yang bersedekah 10 kali lipat, ini janji Allah yang tidak akan pernah ingkar sampai kapanpun, Yakinlah pasti akan ada balasannya.

6. Bayar Hutang


Hutang akan menjadi malapetaka untuk anda di akhirat jika belum dilunasi. Anda akan merasakan kesediahan yang mendalam karena hutang tersebut akan menjadi siksa yang pedih. 

Alangkah baiknya mulai sekarang menyicil membayar hutang-hutang anda sekalipun sedikit. Hutang sedikit atau banyak wajib anda bayar.

Setelah anda melunasi hutang jangan pernah meminjam uang lagi karena akan berdampak negatif untuk keluarga anda, jika ingin membeli sesuatu nabung aja dulu bersabar supaya mendapatkan hasil yang cukup baru membeli barang yang anda inginkan.

7. Selalu Tersenyum


Tersenyum merupakan ibadah dan menandakan orang tersebut ramah. Tersenyum bisa anda lakukan kapan saja dan di mana saja karena tersenyum tidak beli alias gratis jadi jangan pelit untuk tersenyum setuap hari. ok

Jika anda tidak terbiasa tersenyum mulai sekarang belajar untuk tersenyum di cermin. Banyak orang yang tidak tersenyum dianggapnya sombong, angkuh dan sebagainya padahal anda tidak berniat seperti itu.

Ayolah kawan mulai sekarang tersenyumlah karena senyum itu indah dan agar hatimu tak gundah.

8. Mendoakan Ahli Kubur


Ketika kita mendengar kabar tentang kematian sesorang, maka anda harus datang ketempat orang yang meninggal, mendoakan agar yang meninggal dunia diberikan ampunan Allah, diterima seluruh amalnya dan ditempatkan di tempat yang baik yaitu surga. Dan berdoa untuk keluarganya supaya diberikan ketabahand an kesabaran.

Jika anda punya uang berikan uang sekemampuan anda untuk meringankan biaya pengurusan jenaah sampai dimasukan kedalam kubur.

Ikuti aktivitasnya mulai dari menyolatkan dan menguburkannya, cara tersebut agar anda ketika meninggal nanti sama halnya dengan yang anda lakukan sekarang banyak yang datang dan mendoakan agar kematian tersebut mendapatkan tempat yang baik di sisi Allah SWT.

9. Dawamkan Surat Al-ikhlas

Surat Al-Iklas merupakan surat pendek tentang tauhid atau mengesakan Allah. Pahala orang yang membaca surat ini sangat besar, jika anda membaca surat ini 3 kali saja maka pahalanya sama halnya anda membaca Al-quran 30 juz, sangat luar biasa bukan.

Dalam keterangan jika ada yang membaca Surat Al-ikhlas 11 kali seteah sholat maka dia akan mendapatkan surga yang indah dan megah.

Dalam Keterangan lain jika seseorang meninggal dunia kemudian orang yang masih hidup (keluarganya) membacakan surat Al-iklahs ditujukan untuk jenazah itu maka seluruh dosa dia akan Allah ampuni.

Begitu dahsyat pahala membaca surat Al-ikhlas.
Mari kita sama-sama mendawamkan surat tersebut setiap hari.

Kesimpulan

Kapanpun dan di manapun kita harus siap menghadapi kematian dengan cara bertaubat dan melaskanakan perintah Allah dan menjauhi larangan Allah, semoga diberikan kekuatan untuk selalu berbuat kebaikan, Aaamiin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel