Inilah 9 Obat Alami Sinusitis yang Bisa Anda Coba

Lingkarcara.com - Sinusitis merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat umum sekali dan juga dapat menyerang pada semua orang di berbagai negara. Di negara indonesia sendiri penyakit yang satu ini juga banyak sekali di temukan dan juga penyebab terjadinya penyakit ini yaitu masyarakat yang tinggal di kawasan atau daerah dengan suhu udara yang sangat rendah. Selain itu penyakit ini juga dapat dapat timbul di karenakan adanya peradangan di bagian dinding simus. Yaitu di bagian sebuah rongga bagian tulang pipi serta juga di bagian dahi yang telah berisikan udara.

Sinus itu sendiri dapat menghasilkan lendir yang berfungsi untuk menjaga suhu dan juga kelembapan udara yang akan masuk ke dalam peru paru. Peradangan yang terjadi di bagian sinus, biasanya bisa di mulai ketika virus influenza menyerang tubuh seseorang. Sehingga tubuh seseorang tersebut bisa merasakan sakit kepala. Selain itu juga dapat menyebabkan hidung tersumbat dan juga kadang bisa mengeluarkan cairan kuning kehijauan. Serta juga bisa menyebabkan rasa nyeri pdi bagian wajah khususnya di bagian sekitar hidung serta juga dapat menyebabkan indra penciuman.

Inilah 9 Obat Alami Sinusitis yang Bisa Anda Coba

Penyakit sinusitis ini tidak perlu memerlukan penanganan khusu untuk dapat mengobatinya. Hal tersebut di karenakan penyakit ini di sebabkan oleh virus influenza. Penyakit sinusitis ini bisa mereda dengan sendirinya seiring dengan berjalanya waktu sampai kondisi tubuh normal kembali. Tetapi anda juga bisa melakukan pengobatan tradisional dengan menggunakan obat alami untuk mengatasi penyakit ini. Berikut ini ada beberapa pengobatan penyakit sinusitis sebara alami yang bisa anda praktekan sendiri.

1. Daun Sambiloto


Daun tanaman yang satu ini di ketahui memiliki banyak sekali manfaat dan juga khasiat bagi kesehatan tubuh manusia. Selain itu daun sambiloto ini juga bisa bermanfaat dapat mengatasi berbagai jenis penyakit. Salah satu manfaat yang bisa anda dapatkan dari daun sambiloto ini yaitu untuk mengobati penyakit snusitis yang sedang anda derita saat ini. Daun sambiloto ini juga sudah sejak lama sekali sudah di percaya dapat megatasi penyakit sinus ini.

Cara penggunaan daun sambiloto ini untuk mengobati penyakit sinus sangat mudah sekali anda hanya perlu malakukan hal hal berikut ini. Ambil daun sambiloto secukupnya lalu cuci sampai bersih. Kemudian anda bisa menghaluskanya dengan cara di tumbuk sampai halus. Jika sudah peraslah ambil air sarinya. Anda bisa menggunakan sari daun sambiloto ini untuk mengobati penyakit sinus dengan cara di teteskan ke lubang hidung yang terserang penyakit sinus. Air perasan daun sambiloyo ini bisa tersa sangat pahit sekali jika masuk ke dalam kerongkongan. Tetapi manfaat dan juga khasiat daun sambiloto ini sangat efektif sekali mengatasi penyakit sinus.

Baca 10 Manfaat Daun Sambiloto Untuk Kesehatan

2. Cuka Aari Apel


Cuka sari apel ini di ketahui juga memiliki manfaat dan juga khasiat baik sekali bagi kesehatan tubuh manusia. Cuka sari apel juga cangat bermanfaat sekali untuk memenuhi asupan gizi pada tubuh. Bagi anda yang sedang menderita penyakit sinus anda bisa memanfaatkan cuka apel. Cuka sari apel ini bisa anda gunakan sebagai obat alternatif penyakit sinus. Cuka apel ini juga memiliki manfaat dan juga khasiat dapat membersihkan cairan lendir yang ada di saluran pernapasan. Dengan demikian jumlah lendir yang ada di bagian saluran perapasan bisa berkurang dan juga penyakit sinusitis akan lebih mudah di sembuhkan.

Cara pengobati penyakit sinusitis ini dengan menggunakan cuka sari apel sangat mudah sekali yaitu ambil cuka sari apel sebanyak 2 sendok, lalu madu murni sebanyak 1 sendok serta air mineral secukupnya. Kemudian anda bisa mencampurkan bahan bahan tersebut di dalam sebuah wadah hingga merata. Setelah itu anda bisa meminum ramuan tersebut secara rutin setiap hari sampai penyakit sinus yang anda derita sembuh dan menghilang.
3. Kulit Manggis


Kulit buah yang satu ini di ketahui memiliki banyak sekali manfaat dan juga khasiat yang sangat baik sekali bagi kesehatan tubuh. Selain itu kulit buah manggis ini juga bermanfaat dapat mengatasi berbagai jenis penyakit. Salah satu manfaat kulit manggis ini dalam mengatasi penyakit sinusitis yang alami. Kulit buah manggis ini memiliki kandungan antioksidan yang tergolong sangat tinggi dan sangat bermanfaat sekali.

Agar mendapatkan manfaat dan juga khasiat dari kulit buah manggis ini untuk mengatasi penyakit sinus anda bisa melakukan hal hal berikut. Ambil kulit buah manggis secukupnya, kemudian irislah kulit manggis tersebut menjadi tipis tipis dan kecil. Lalu anda jemur dulu kulit buah manggis tersebut sampai kering. Setelah sudah kering anda bisa menyeduhnya dengan menggunakan air panas. Anda bisa mengkonsumsi air seduhan kulit buah manggis tersebut secara rutin setiap hari sampai penyakit sinus yang anda derita menghilang.

Baca Yuk 7 Manfaat Mencuci Kepala Agar Selalu Sehat

4. Sereh


Sereh atau serai meruakan salah satu jenis tanaman rempah yang ada umumnya di gunakan sebagai bumbu masakan. Selain itu ternyata serai ini juga bisa bermanfaat dan juga berkhasiat dapat mengatasi berbagai jenis penyakit. Sereh ini juga bisa anda manfaatkan sebagai obat alami untuk mengatasi penyakit sinusitis yang sedang anda serita.

Untuk membuat ramuan ramuah alami dari serai sebagai obat alami penyakit sinusitis caranya sangat mudah sekali anda hanya perlu melakukan hal hal berikut ini. Yang pertama anda harus menyiapkan dulu beberapa bahanya yaitu seperti serai sebanyak 5 batang, daun sereh sebanyak 7 lembar, cengkeh secukupnya, jeruk nipis sebanyak 3 buah dan juga jahe sebanyak 3 jari. Cuci dulu semua bahan bahan tersebut sampai bersih. Setelah sudah bersih kemudian rebuslah bahan bahan tersebut secara bersamaan sampai mendidih dan airnya tinggal setengah. Setelah itu ambil airnya dan anda bisa meminum air ramuan herbal tersebut untuk mengatasi peyakit sinusitis yang anda derita. Agar bisa mendapatkan manfaat yang maksimal sebaiknya minumlah ramuan tersebut secara rutin setiap hari sebanyak 2 kali sehari.

Cara Mengobati Penyakit Herpes Secara Alami

5. Bawang Putih


Bawang putih ini pada umumnya di mangfaatkan sebagai salah satu bumbu penyedap masakan. Selain itu ternyata bawang putih ini memiliki banyak sekali manfaat dan juga khasiat bagi kesehatan tubuh sert juga bisa mengatasi berbagai jenis penyakit, salah satunya bisa mengatasi penyakit sinusitis yang sedang anda derita saat secara alami dan aman tanpa menimbulkan efek samping yang berbahaya.

Cara membuat ramuan alami dari bawang putih untuk di jadikan sebagai obat alami penyakit sinusitis sangat mudah sekali anda hanya perlu melakukan hal hal berikut ini yang pertama yaitu ambil bawang putih ini sebanyak 5 siung, jahe sebanyak 10 gram, dan juga loio sebanyak 60 gram. Kemudian anda bisa merebus bahan bahan tersebut dengan menggunakan air sebanyak 6 gelas. Tunggu sampai mendidih dan air rebusanya tersisa setengah saja. Setelah itu angkat dan ambil air rebusan tersebut tinggu hingga dingin. Anda bisa meminum air ramuan alami tersebut untuk mengatasi penyakit sinusitis yang sedang anda derita. Minumlah air ramuan alami tersebut secara rutin setiap hari agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal

Mohon dibaca 10 Manfaat Bawang Daun untuk Kesehatan

6. Lidah Buaya


Lidah buaya merupakan salah satu jenis tanaman yang di ketahui mamiliki banyak sekali manfaat dan juga khasiat bagi kesehatan tubuh. Selain itu lidah buaya juga sering sekali di manfaatkan sebagai bahan kecantikan. Di dalam tanaman lidah buaya ini memiliki kandungan zat senyawa aktif yang sangat ampuh sekali dalam mengatasi penyakit sinusitis yang sedang anda derita secara lami dan aman tanpa menimbulkan efek samping yang berbahaya.

Agar bisa mendaparkan manfaat dari tanaman lidah buaya ini untuk mengobati penyakit sinusitis caranya sangat mudah sekali lakukan hal hal berikut. Pertama ambil tanaman lidah buaya secukupnya, lalu rebuslah daging atau gel lidah buaya tersebut mengguakan air secukupnya dan tunggu hingga rebusan tersebut mendidih. Setelah itu anda bisa meminum air rebusan tersebut secara rutin setiap hari sebanyak 2 kali sehari.

7. Air Garam


Garam ternyata memiliki manfaat dan juga khasiat bagi kesehatan tubuh serta juga bisa mengatasi berbagai jenis penyakit. Manfaat dan juga khasiat garam ini dalam mengatasi penyakit sinusitis tidak di ragukan lagi. Untuk menggunakan air garam ini sebagai obat alami penyakit sinusitis sangat mudah sekali yaitu dengan membersihkan bagian hidung anda dengan menggunakan air garam secara rutin. Cara ini di lakukan karena agar saluran pernapasan di dalam hidung tetap terbuka dan juga bisa membunuh bakteri serta kuman yang bersarang di dalam saluran hidung anda. Salin itu anda juga bisa menggunakan air garam hangat ini untuk berkumur kumur selama beberapa saat agar bisa meredakan gejala yang di timbulkan dari adanya penyakit sinusitis ini. Sangat di sarankan sekali jika anda sedang menderita penyakit sinusitis untuk mendi dengan menggunakan air hangat.
8. Minyak Kayu Putih


Minyak kayu putih ini memang memiliki banyak sekali manfaat dan juga khasiat bagi kesehatan tubuh manusia. Minyak kayu putih ini bisa bermanfaat dapat menghangatkan tubuh anda selain itu minyak kayu putih ternyata juga bisa bermanfaat untuk mengatasi penyakit sinusitis yang sedang anda derita saat ini.

Agar bisa mendapatkan manfaat dan juga khasiat minyak kayu putih ini untuk mengobati penyakit sinusitis yang sedang ada derita, anda bisa secara landsung menghirup minyak kayu putih di dalam botolnya. Atau juga bisa dengan menggunakan cara yang lain, yaitu dengan mencampurkan beberapa tetes minyak kayu putih di dalam semangkuk air hangat yang masih keluar uapnya. Uap yang kaluar tersebut bisa anda hirup dan kemudian akan membawa kandungan esensial di dalam minyak kayu pyutih ke dalam saluran pernapasan. Kandungan esensial yang ada pada minyak kayu putih ini bermanfaat bisa mengeluarkan lendir yang berasal dari dalam hidung sehigga masalah hidung tersebumbat yang di akibatkan oleh penyakit sinusitis bisa berkurang.

9. Kompres dengan Air Hangat

Gejala seperti sakit kepala yang bisa timbuk akibat adanya penyakit sinusitis yang meyerang tubuh anda bisa di sebabkan adanya cairan yang terhambat di dalam saluran hidung. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan mengompres bagian hidung dengan menggunakan air hangat. Caranya yaitu gunakanlah handuk atau kain yang lainnya untuk mengompres bagian hidung. Lakukan pengompresan hidungan dengan posisi tubuh terlentang sehingga bisa lebih mudah untuk membuka hambatan yang ada di dalam hidung.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel