9 Kunci Bahagia Sebuah Keluarga

Lingkarcara.com - Memiliki keluarga bahagia merupakan idaman dan cita-cita setiap insan di dunia. Pondasi keluarga bahagia adalah ketaqwaan, keimanan, kejujuran dan keterbukaan. 

Sebelum berumah tangga tentunya harus memiliki ilmu yang cukup yang akan melindungi istri dari mara bahaya duni dan akhirat. Suami harus paham hak dan kewajiban terhadap istri, dan istri juga harus memahami hak dan kewajiban istri terhadap suami. Saling memahami hak dan kewajiban akan membantu menjadikan keluarga yang sakinnah, mawadah, dan warrohmah bahagia dunia akhirat. 

9 Kunci Bahagia Sebuah Keluarga

9 Kunci Bahagia Sebuah Keluarga 

1. Jika ada perselisihan maka hadapi dengan kepala dingin, jika yang satu marah maka yang lain berusahalah diam.

Otak yang panas akan dingin kembali jika salah satunya ada yang mendinginkan dengan cara diam dan meminta maaf. Permasalahan yang timbul terkadang sepele tapi akibatnya bisa berselisih paham timbulah percecokan rumah tangga. 

Sekesal apapun hadapi dengan kepala dingin dan hati dingin tujuannya agar tidak terjadi kekerasan yang akibatnya akan mendapatkan penyesalan dihari berikutnya.

2. Kalau sedang marahan cobalah berusaha mengalah untuk menang.

Tidak semua orang bisa mengalah, mengalah itu sulit tapi bisa dilakukan dengan cara menyadari bahwa tindakan ingin menang sendiri atau egois tidak baik untuk diri sendiri dan orng lain.

Mengalahlah untuk menang agar rumah tangga bisa awet sampai tua nanti, jika memiliki kesalahan segera minta maaf agar terjalin kedekatan yang sangat luar biasa anda dan suami atau istri anda.

3. Tegurlah pasanganmu dengan kasih sayang, seperti memeluk sambil membisikkan nasehat.

Menegur pasangan dengan cara baik merupakan tanda bahwa anda sayang terhadap suami atau istri anda, bisikan rasa sayang dengan cara memeluk, merangkul dan sebagainya.

Sebelum anda pergi ciumlah istri anda dan peluk istri anda bisikan bahwa anda sayang dan cinta terhadap pasangan anda sampai kapanpun sampai ajal menjemput.

4. Lupakanlah kesalahan masa lalu pasanganmu.

Anda dan pasangan anda tentunya memiliki masa lalu yang tidak baik, untuk itu lupakan masa lalu ganti dengan masa kini dan masa depan yang lebih baik. Berikan kebahagaiaab terhadap pasangan anda, ingat jangan pernah mencari pasangan yang sempurna tapi sempurnakan diri anda untuk menyempurnakan rasa cinta dan kasih sayang pada kekasih anda.

5. Jangan pernah bersikap cuek pada pasangan.

Cuek atau acuh merupakan tindakan yang tidak terpuji untuk pasangan anda, jangan pernah cuek anda harus rajin menyapa pasangan anda agar terjalin rasa cinta yang mendalam.

6. Jangan menyimpan amarah sampai matahari terbenam.

Menyimpan amarah dalam hati akan mengakibatkan datangnya iblis atau jin yang akan mempengaruhi kejiwaan anda. Tidak heran jika banyak istri atau suami yang terkadang melakukan tindakan yang aneh karena dikuasai jin. 

Untuk itu jangan terlalu lama menyimpan amarah agar syetan dan jin tidak berani datang karena takut dengan hati dingin dan keikhlasan yang mendalam.

7. Seringlah memberikan pujian kepada pasanganmu.

Pujian seorang suami atau istri sangat membantu terjalinnya rasa sayang dan cinta. Anda bisa belajar merayu dan memuji melalui aplikasi ada di playstore, anda harus rajin belajar peraktikan kepada istri atau suami anda.

Contoh Memuji Makanan
  • Pasakan mamah enak banget sih bumbunya bumbu cinta dan sayang yah
  • Pasakan mamah paling enak deh di dunia


8. Umumnya, dalam pertengkaran yang paling banyak bicara dialah yang salah. 

Yang salah biasanya yang sering dan paling banyak bicara untuk membela dirinya. Biarkan saja dia bicara sampai cape anda diam saja, kalau bisa abaikan saja.

9. Jika merasa bersalah jangan pernah merasa sungkan untuk mengakui dan meminta maaf.

Minta maaf tidakan yang baik yang sangat terpuji, minta maaflah kepada pasangan anda karena dengan minta maaf akan mendapatkan keberkahan dan kebahagiaan dalam keluarga anda.

Semakin sering melakukan kesalahan anda juga harus sering meminta maaf, tapi jangan pernah melakukan kesalahan secara sengaja.

YA ALLAH...
Anugerahkanlah kepada kami suami/isteri dan keturunan kami sebagai penyenang hati dan jadikanlah kami Imam/Makmum yang baik.

Aamiin ya Rabbal'alamiin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel